Ngeri! Begini Lho Latihan Militer di Indonesia

Isu yang paling santer terdengar setiap tahun adalah minimnya anggaran untuk militer Indonesia dibanding dengan negara lain. Hal tersebut memunculkan kekhawatiran dari banyak pihak jika kemampuan militer negeri ini kalah dari negara lain dan tidak siap jika suatu saat nanti menghadapi peperangan.

Jika dilihat dari alat utama sistem pertahanan, Indonesia memang kalah dibanding negara-negara maju yang punya senjata canggih dan juga kapal induk dan kapal selam militer. Tapi secara skill militer Indonesia adalah salah satu yang paling disegani dunia. Hal ini bisa dilihat dari sesi latihan baik mandiri atau pun gabungan dengan militer negara lain seperti di bawah ini.

Latihan Militer Cobra Gold, Bertahan Hidup di Rimba Dengan Memakan Ular Berbisa dan Meminum Darahnya

Dalam dunia militer salah satu yang diajarkan selain menggunakan senjata adalah cara bertahan hidup di lingkungan yang keras seperti di dalam hutan rimba. Alih-alih mengajarkan berburu hewan seperti rusa, kuda atau babi, tentara Indonesia memilih untuk survive dengan berburu ular berbisa seperti ular kobra. Caranya dengan memenggal kepalanya dan meminum darah yang mengucur.

13
Latihan Militer Cobra Gold, Bertahan Hidup di Rimba Dengan Memakan Ular Berbisa dan Meminum Darahnya [ Image Source ]

Seperti halnya yang dilakukan oleh TNI pada tanggal 5 September 2014 yang menyelenggarakan latihan bersama dengan militer Amerika Serikat. Pada satu sesi dimana TNI mengajarkan bertahan hidup, tentara Amerika diajarkan untuk meminum darah ular kobra dan memakan dagingnya mentah-mentah. Meski setelah itu ada pula latihan memasak daging ular dengan memanggangnya di atas api. Kegiatan ini cukup mengagetkan tentara Amerika yang tidak biasa dengan latihan seperti itu.

Latihan Menggunakan Peluru Tajam

Berikutnya adalah sebuah latihan ketangkasan yang beberapa waktu lalu sempat menggemparkan dunia. Latihan dasar militer dimana para prajurit harus melewati halang rintang dengan cara merangkak di atas lumpur dan ditembaki dari atas.

Ngerinya lagi peluru yang digunakan untuk menghujani para prajurit ini bukan peluru hampa melainkan peluru tajam yang asli. Jarak dari tubuh perajurit ini hanya beberapa centi meter saja. Salah sedikit latihan seperti ini bisa membawa korban nyawa. Banyak militer dunia yang menyoroti model latihan militer Indonesia. Mereka menganggap hal tersebut melanggar aturan keselamatan tapi inilah keahlian khusus militer Indonesia yang menjadi bukti jika kekuatan militer Indonesia disegani dunia.

Kekuatan Militer Indonesia Adalah Salah Satu Yang Terkuat di Dunia

Selain menerapkan model latihan yang tidak dimiliki negara lain, militer Indonesia juga disebut-sebut sebagai salah satu yang terkuat di dunia di urutan ketiga di bawah Inggris dan Israel. Apa bukti bahwa militer negeri ini memang hebat?

Negara-dengan-Kekuatan-Militer-Terkuat
Kekuatan Militer Indonesia Adalah Salah Satu Yang Terkuat di Dunia [ Image Source ]

Mungkin tidak banyak yang tahu jika militer Indonesia khususnya Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Angkatan Darat Indonesia sering digunakan untuk melaksanakan misi operasi khusus yang berhubungan dengan tindakan perang, sabotase, melawan pemberontakan dan terorisme hingga kebutuhan intelijen dunia. Tak sedikit pula pasukan Indonesia yang dikirim dalam misi perdamaian di negara-negara lain.

Indonesia Produsen Seragam Militer Dunia

Poin terakhir adalah tambahan mengenai pentingnya Indonesia di dunia militer dunia. Mungkin tidak banyak yang tahu jika 30 negara di dunia termasuk Jerman, Inggris, Austria, Amerika Serikat, Singapura, Australia, Malaysia, dan masih banyak lagi mendapatkan seragam militer mereka dari Indonesia alias mereka memesan seragam militer ke negeri ini.

sritex-seragam-milter-w600
Indonesia Produsen Seragam Militer Dunia [ Image Source ]

Perusahaan konveksi terkemuka bernama PT. Sritex yang berbasis di Jawa Tengah adalah produsen seragam militer sekitar 30 negara di dunia. Bahkan seragam militer anggota NATO juga memakai seragam buatan Indonesia lho. Ternyata militer Indonesia hebat juga kan!