5 Tips Pesan Tiket Kereta Api yang Bakal Bikin Mudikmu Lancar

Tiap tahun saat Ramadhan dan jelang hari raya, pasti dimanfaatkan untuk mudik ke kampung halaman. Rasa rindu setelah lama tak bertemu sanak saudara bisa terbayar dengan hadir saat momen lebaran.

Namun, banyak sekali kasus orang gagal mudik cuma gara-gara kehabisan tiket. Rasa kecewa dan kesal tentu saja terasa. Terlebih keluarga di kampung sudah nunggu kehadiran kamu. Agar gagal mudik nggak sampai terjadi, ada baiknya kamu menerapkan beberapa tips pesan tiket di bawah ini.

Nabung Buat Beli Tiket

Kita semua tahu kalau kebutuhan lebaran pastilah banyak. Oleh-oleh untuk pulang kampung, belum lagi baju lebaran yang bakal kamu kenakan saat shalat Id. Tapi, jangan mengabaikan budget untuk beli tiket ya.

0[ Image Source ]

Karena sibuk memikirkan kebutuhan lebaran, kamu sampai lupa anggaran untuk transportasi. Biar nggak gagal mudik, ada baiknya kamu nabung jauh-jauh hari. Tabungan tersebut dikhususkan buat beli tiket kereta api. Karena biasanya di musim mudik, harga tiket jadi lebih mahal daripada hari biasa.

Pesan Lebih Awal

Tiket kereta api bisa dipesan 90 hari sebelum keberangkatan. Nah, kalau kamu ingin mudik sesaat menjelang lebaran, kamu bisa pesan tiga bulan sebelumnya. Tindakan itu jangan dianggap kemaruk, ya.

0[ Image Source ]

Hal itu hanya antisipasi, karena biasanya pemesan tiket yang terlalu mepet dengan hari raya justru kehabisan tiket. Nah, daripada hal itu menimpa kamu, mending pesan tiketnya jauh-jauh hari, deh.

Pesan Tiket Secara Online

Saat ini teknologi yang canggih memang sangat membantu aktivitas, terutama transaksi booking tiket. Dengan pemesanan secara online, kamu tidak perlu mengantri panjang di stasiun. Kamu juga terhindar dari calo. Sehingga harga tiket yang kamu peroleh sudah pasti sesuai.

0[ Image Source ]

Lagipula pesesanan via online tidak memakan banyak waktu, hanya beberapa menit. Dan seketika, kamu akan mendapatkan tiket  mudik lebaran yang kamu butuhkan.

Jangan Lupa Langsung Dibayar!

Setelah melakukan pesan tiket secara online, segera lakukan pembayaran. Hal itu karena pemesanan tiket yang kamu lakukan juga dibatasi waktu. Kalau kamu nggak segera melakukan pembayaran, dikhawatirkan tiket bakal hangus.

-[ Image Source ]

Dalam jangka waktu tertentu, jika pemesanan tiket tidak segera dibayar, maka pihak KAI akan membatalkannya. Dan tiket tersebut pun bisa dipesan oleh pembeli lainnya.

Cetak Tiket Kereta

Setelah kamu lakukan pembayaran, tiket tersebut akan dikirim ke alamat email kamu. Yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah mencetak tiket tersebut. Kamu bisa datangi warnet buat nge-print tiketnya.

0[ Image Source ]

Simpan print tiket tersebut dan jangan sampai ketinggalan saat kamu akan berangkat mudik. Nah, kamu tinggal menunjukkan tiket tersebut pada petugas stasiun saat mudik.

Lima tips di atas tentunya tidak sulit dilakukan. Buat kamu yang punya rencana mudik, mending mulai pesan dari sekarang. Biar nggak sampai kehabisan tiket.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *