5 Makanan Khas Indonesia ini Dijual Dengan Harga Fantastis di Luar Negeri

Indonesia memang kaya dengan warisan budaya, termasuk kuliner. Beruntung, resep masakan tradisional masih bertahan hingga kini. Terbukti dengan banyaknya rumah makan yang berdiri dengan mengusung budaya tertentu.

Meski di kota besar banyak sekali restoran cepat saji, itu sama sekali tidak mengurangi penggemar pecel lele. Tapi, tahukah kamu kalau banyak sekali makanan khas negara kita yang dijual di luar negeri? Kuliner kita bahkan dibandrol dengan harga tinggi. Dan inilah 5 di antaranya.

1. Sate Ayam

Makanan khas Madura ini memang tak pernah tergeser oleh menu modern. Daging ayam tusuk yang dibumbu kacang dan kecap ini dijual dengan harga 10.000 perak saja di negara kita. Tapi, di luar negeri?

543defb8b5718
Sate ayam [ Image Source ]

Di Jerman, sate sungguh dihargai. Makanan tradisional ini dijual dengan harga 10 Euro atau sekitar 150.000 rupiah. Wah, mahal sekali.

2. Soto Ayam

Siapa yang tak kenal dengan soto? Makanan ini selalu jadi menu utama di acara hajatan. Penggemarnya yang banyak dan resep yang tidak terlalu ribet, membuat makanan ini juga banyak dijual di warung-warung. Tapi rupanya, soto juga digemari di Belanda.

soto1
Soto ayam [ Image Source ]

Di negeri Kincir Angin, soto dijual dengan harga 12 Euro, atau setara dengan 180.000 rupiah. Sungguh harga yang fantastis. Kalau ingin mencicipi soto, jangan jauh-jauh ke Belanda ya, di Indonesia saja lebih murah.

3. Bakso

Makanan ini memang terkenal. Hampir di setiap kota di Indonesia terdapat penjual bakso keliling. Dan sepertinya, masyarakat tidak akan pernah bosan dengan rasa daging giling yang diolah bersama tapioka ini.

73113735b90b4568125ed6c3f678819b6e058f732bf9be6a06ffc69b3f3d8d1053587
Bakso [ Image Source ]

Dan rupanya, bakso bukan hanya digemari di Indonesia saja. Di Singapura, bakso juga sudah populer. Dan asal tahu saja, makanan ini dibandrol dengan harga 5 SGD atau sekitar 50.000 rupiah. Padaha di negeri kita 5000 saja.

4. Tempe

Makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini memang jadi menu wajib di Indonesia. Selain murah meriah, tempe juga sehat karena mengandung protein penting seperti nabati. Tak heran jika ibu-ibu selalu menyediakan tempe di meja makan.

manfaat-kandungan-gizi-dalam-tempe-9Rj
Tempe [ Image Source ]

Di balik harganya yang murah, rupanya tempe cukup populer di negara-negara Eropa. Dan lain di Indonesia yang hanya menjual tempe dengan harga 2000 rupiah, di Eropa justru dijual dengan 1,8 Euro atau senilai 25.000 rupiah untuk satu potong kecil.

5. Nasi Goreng

Makanan ini salah satu yang jadi kegemaran di Indonesia. Cara membuatnya sederhana, dan bahan yang digunakan juga tak terlalu banyak. Jika malas memasak sendiri, bisa memilih membeli. Toh, harganya murah, hanya 10.000 rupiah saja.

Resep-Nasi-Goreng-Jawa
Nasi goreng [ Image Source ]

Tapi lain halnya di Amerika. Nasi goreng khas Indonesia ini dijual dengan harga USD 10 atau sekitar 110.000 rupiah. Wow, bayangkan jika di negara kita ada yang menjual nasi goreng dengan harga ratusan ribu, pasti kabur semua pelanggan.

Betapa warga negara asing sangat menyukai makanan kita. Bahkan mereka tidak keberatan meski membayar mahal. Kita sebagai warga asli Indonesia, harus bisa lebih menghargai warisan kuliner. Setuju?