7 Makanan Asli Indonesia Ini Jadi Favorit di Seluruh Dunia

sate ayam

Makanan Indonesia yang beragam cita rasa dan bumbunya, memang memiliki daya pikat tersendiri di mata dunia. Jangankan di luar sana, di negeri sendiri saja laris manis ya, kan?

Ada banyak makanan Indonesia yang ternyata jadi favorit banget di luar negeri. Ada kalanya harganya malah makin mahal di negara lain. Dan yang lebih mengejutkan, ini adalah makanan sehari-hari yang kadang kita mungkin sudah bosan makannya.

1. Nasi Goreng

Indonesia paling sering menjamu tamu negara atau artis luar negeri dengan makanan ini. Mungkin dari sanalah perbincangan tentang rasa nasi goreng lokal ini menular hingga ke luar negeri.

nasi goreng
nasi goreng [via]
Beberapa bintang Kpop yang diundang ke Indonesia misalnya, kalau ditanya apa makanan favorit mereka waktu sampai di sini, pasti menyebut nasi goreng. Rata-rata yang mereka makan adalah nasi goreng yang harganya selangit. Jadi bersyukur deh kita masih bisa beli nasi goreng duk-duk pinggiran yang ramah buat dompet dan perut.

2. Sate

Kalau di luar negeri ada barbeque, di Indonesia punya sate. Kuliner tusuk yang satu ini punya citarasa legit yang hampir nggak ada di luar negeri. Terutama bumbu kacangnya itu lho. Apalagi di sini dimakan pakai lontong, yang hampir nggak ada di luar negeri. Nggak mungkin kan satenya mau dimakan sama roti?

sate ayam
sate ayam [via]
Sate juga menjadi salah satu kuliner Indonesia yang tembus sampai ke mancanegara. Salah satu kuliner sate di luar negeri saat ini ada di Jepang. Nah, secara sudah pindah negara, harganya juga pasti beda dong ya.

3. Tempe

Kedelai boleh impor, tapi tempe cuma orang Indonesia yang bisa bikin dengan rasa yang paling sempurna. Mungkin buat orang lokal, tempe udah ngebosenin, tapi di Inggris makanan ini sama populernya seperti frenchise burger atau hotdog luar yang masuk ke Indonesia.

tempe
tempe [via]
Sampai-sampai nih, William Mitchell yang mengelola bisnis tempe di Inggris ini mempelajari secara mendalam teknik membuat tempe supaya rasanya sama dengan di sini. Konon hal itu karena William jatuh cinta dengan rasa tempe di negara kita. Jualan tempenya di kampung halaman pun laris manis di sana.

4. Indomie

Indomie yang kamu bisa beli dengan harga paling mahal 4ribuan di Indonesia, di Korea harganya bisa sampai 3 kali lipat. Produk mie instan yang satu ini memang dipasarkan di mana-mana, mulai dari Indonesia sendiri, China, Jepang, bahkan ada yang ke Amerika.

indomie
indomie [via]
Jadi jangan heran kalau kamu bisa menemukan video tentang bule makan Indomie diunggah di internet. Segitu ‘kekinian’-nya Indomie di negara mereka. Tapi memang nikmatnya mie instant susah ditolak kok.

5. Rendang

Rendang masih jadi salah satu menu mewah di rumah makan Padang. Apalagi di luar negeri. Cita rasa rendang yang kaya bumbu dan memang cukup ribet proses memasaknya ini, punya banyak fans di luar negeri. Selain orang Indonesia yang lagi kangen rumah tentunya.

Rendang
Rendang [via]
Karena rasanya yang pedas-pedas rempah, banyak orang Eropa yang suka dengan rendang. Di Skotlandia misalnya. Anyway, Rendang ini menjadi makanan paling lezat di dunia menurut CNNGo. Jadi kalau di Indonesia sendiri ini masih tergolong makanan yang ‘mahal’ kita nggak heran, karena rasanya memang tiada duanya.

6. Gudeg

Mungkin karena Jogja mudah dicapai oleh turis Australia, makanan hitam manis ini jadi banyak direquest di sana. Nggak sedikit cerita pengusaha gudeg kalengan di Indonesia, dagangannya habis diborong pelanggan di luar negeri.

gudeg
gudeg [via]
Di Melbourne sendiri, ada Warung Gudeg. Yes, WARUNG! Karena Gudeg memang cocok banget disajikan dengan nuansa yang lekat dengan kearifan lokal. Warung Gudeg Clayton ini katanya memiliki cita rasa yang mirip dengan di Jogja asli.

7. Kerupuk

Kerupuk yang sudah jadi cinta matinya banyak orang Indonesia saat makan ini, juga banyak digemari orang luar negeri. Karena chips atau keripik manapun di muka bumi ini memang tidak ada yang bisa menyamai cita rasa kerupuk Indonesia.

krupuk
krupuk [via]
Saking sukanya nih, di Belanda ada toko tersendiri yang menjual kerupuk dengan harga jauh lebih tinggi. Jadi ketika kamu bisa menikmati makan nasi bungkus dengan kerupuk seharga 500 perak, kamu sukses bikin iri mereka yang harus merogoh kocek lebih dalam buat beli kerupuk di luar negeri.

Membahas makanan Indonesia memang nggak akan ada habisnya, bisa sampai tahun depan. Intinya, Indonesia ini memang keren banget karena sudah bisa mencuri perhatian dunia lewat makanan-makanan enak yang memanjakan lidah dan menyenangkan perut mereka.