5 Makanan Lezat Yang Terbuat Dari Bahan Menjijikan

Kuliner Indonesia memang semuanya lezat. Masyarakat yang kreatif selalu menciptakan menu dengan resep-resep baru. Semua bahan yang ada di sekitar pasti dimanfaatkan dengan maksimal. Kebanyakan terbuat dari bahan sederhana.

Apapun bisa dijadikan olahan, dari tetumbuhan yang menjalar di sekitar rumah sampai ikan-ikan kecil di sungai. Tak jarang bahan yang dianggap menjijikkan juga disulap jadi santapan yang lezat. Apa saja itu? Inilah lima makanan yang terbuat dari bahan yang menjijikan.

Sambal Tumpang

Makanan khas Kediri ini memiliki rasa dan aroma yang lezat. Disantap dengan peyek, pasti membuat setiap lidah ketagihan. Bisa jadi para penikmatnya lupa jika makanan ini berasal dari bahan menjijikan, yaitu tempe busuk.

0[ Image Source ]

Ya, tempe busuk barangkali memang beraroma tidak sedap. Untuk mengolahnya menjadi Sambal Tumpang, tempe terlebih dahulu direbus dan dibuang airnya. Kemudian dicampur dengan bumbu serta santan.

Peyek Laron

Semua pasti tahu binatang kecil yang biasanya terbang di sekitar lampu ini. Bentuknya kecil, tak bertulang. Lebih mirip dengan ulat bersayap namun begitu rapuh.
Rupanya, banyak juga yang menyukai laron jika diolah menjadi makanan.

0[ Image Source ]

Tiap datang kawanan laron di musim tertentu, pasti ada saja warga yang mengumpulkannya dan berniat menjadikannya makanan. Salah satunya dijadikan peyek. Di sini, fungsi laron menjadi pengganti kacang tanah yang dimasukkan ke adonan peyek dan digoreng.

Mendol Kecing

Mendol mungkin makanan yang sudah tidak asing. Terbuat dari tempe yang diulek dan dicampur dengan berbagai bumbu seperti cabe merah, jeruk purut dan sebagainya. Kemudian dikepal-kepal hingga bulat memanjang dan digoreng.

0[ Image Source ]

Namun, di daerah Tirtomoyo Kabupaten Malang memiliki resep mendol yang khas, yaitu terbuat dari tempe kecing alias tempe kemarin (bukan tempe baru). Beberapa masyarakan bahkan sengaja membiarkan tempe mereka hingga sehari atau dua hari baru dijadikan mendol. Mereka berpendapat jika tempe yang sedikit busuk memiliki aroma khas yang enak.

Pepes Sarang Lebah

Wah, ada-ada saja ya, sarang tawon dijadikan makanan. Eit, jangan salah, makanan khas Banyuwangi ini memiliki banyak penggemar. Bahkan seorang pedangang asli Banyuwangi membutuhkan 10 kg sarang lebah setiap hari untuk membuat pepes sarang lebah.

0[ Image Source ]

Untuk membuat pepes sarang lebah caranya mudah saja, dengan memotong sarang lebah berukuran kecil-kecil dan dicampur dengan ulekan bumbu cabe, gula merah, asam, tomat, serta bawang merah. Kemudian kukus hingga matang.

Sate 02

Makanan ini bahkan banyak dijajahkan di bus-bus kota. Selain bisa dijadikan lauk makan, dapat juga dijadikan cemilan. Sate ini terbuat dari daging bekicot. Mungkin beberapa orang menganggap jika bakicot adalah binatang yang menjijikkan, sebab tubuhnya berlendir.

0[ Image Source ]

Namun, saat diolah menjadi makanan, banyak juga yang menggemarinya. Nama sate 02 sendiri rupanya diambil dari nomor urut ‘togel’ yang bergambar bakicot di urutan 02. Jadilah orang-orang lebih akrab menyapa makanan ini dengan sebutan 02.

Begitu beragamnya kuliner Indonesia, bahkan bahan apapun bisa dijadikan makanan. Dari bahan mahal, murah, hingga bahan yang menjijikan seperti di atas. Tapi, jangan buru-buru men-jadge makanan itu menjijikan dulu, toh setelah disajikan makanan tersebut memiliki rasa yang begitu mantap. Berani coba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *