5 Makanan Khas Padang Yang Pasti Bikin Ketagihan, Awas Ngiler!

Di seluruh penjuru Indonesia, barangkali tak sulit lagi menemukan restoran Padang. Beragam menu asal Sumatera Barat itu memang tak pernah tergeser oleh bermacam makanan modern. Rasanya yang lezat memang memanjakan setiap lidah, tak hanya dari Sumatera, namun seluruh penghuni Indonesia.

Beberapa masakan Padang juga dikenal di luar negeri. Hal itu membuktikan jika kuliner asli Indonesia juga sanggup bersaing di negara lain. Dan berikut adalah berapa menu masakan Padang yang pasti bikin ketagihan.

Rendang

Makanan ini terbuat dari daging sapi yang diolah bersama santan. Racikan bumbu khas Padang yang meresap ke dalam daging lunak membuat makanan ini makin nikmat disajikan dengan nasi hangat.

Beef Rendang, is an Indonesian dish made by simmering beef for hours in coconut milk and spices until the liquid has evaporated.

[ Image Source ]

Kelezatan makanan ini sudah dikenal dunia. Di Indonesia sendiri, makanan ini dijadikan menu wajib di setiap restoran Padang. Lidah Indonesia sepertinya sudah menyatu dengan olahan daging ini. Rendang seperti icon yang membuat Padang dikenal luas.

Soto Padang

Soto memang menu umum yang dimiliki oleh Indonesia. Hampir setiap daerah, pasti memiliki soto khas dari daerah masing-masing. Sama seperti Padang yang juga memiliki menu soto, namun jangan kira soto asal Padang sama dengan yang lain.

1642458620X310[ Image Source ]

Soto Padang terbuat dari daging sapi, namun bukan sembarang daging. Yang dipergunakanan untuk membuat makanan ini adalah daging bagian dalam, sehingga daging pun memiliki kekenyalan yang pas, serta terasa empuk.

Ikan Balado

Balado adalah makan yang berasal dari daerah Minang. Bahan dasar dari sambal Balado terbuat dari bawang merah, cabe, tomat, perasan jeruk nipis, garam dan gula. Meski terbuat dari bahan-bahan yang sederhana, namun kelezatan makanan ini tak perlu ditanya.

ikan tongkol balado[ Image Source ]

Sama seperti Rendang, menu Balado juga menjadi andalan di warung-warung Padang. Ikan Balado tak hanya terkenal dalam negeri saja. Bahkan, kelezatan makanan ini sudah dikenal sampai ke Malaysia dan Singapura.

Gulai Itiak

Bebek memang salah satu bahan makanan terfavorit di berbagai negara. Daging bebek sangat terkenal di China, biasanya digunakan untuk membuat bebek peking. Padang sendiri memiliki cara khas dalam pengolahan bebek.

qGD5tyuhGK

Biasanya, Padang menyajikan bebek dengan cara digulai. Daging bebek diiris tipis dan dimasak bersama bumbu rempah. Berbeda dengan gulai dari daerah lain, gulai Padang memiliki rasa yang pedas, rasa yang menjadi khas daerahnya.

Sate Padang

 Sate Padang memiliki ciri khas yaitu saus kuning yang terbuat dari tepung beras dan kaldu jeroan. Rasa sausnya pun terasa lezat karena terbuat dari paduan bumbu seperti kunyit, bawang putih, jahe, ketumbar, lengkuas dan lain sebagainya.

sate_padang[ Image Source ]

Sate ini menggunakan daging sapi yang dipotong dadu. Namun, di daerah Medan, sate ini tidak hanya menggunakan daging sapi, melainkan daging ayam juga. Makan ini memiliki rasa yang begitu nikmat, meski demikian, tak baik menyantapnya terlalu sering, sebab memiliki kandungan kolesterol yang tinggi.

Bukan rahasia lagi jika Padang dikenal dengan kulinernya yang sedap. Banyak sekali menu khas yang saat ini dikenal mendunia. Anda juga pasti mudah menemukan warung khas Padang di sekitar tempat tinggal. Dari berbagai menu masakan Padang, mana yang jadi terfavorit?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *