Beginilah Penampilan Medan Magnet Matahari Yang Tidak Banyak Diketahui Orang

Pada tanggal 12 Maret 2016, Badan Antariksa Amerika Serikat NASA melalui Nasa’ Solar Dynamics Observatory berhasil memotret penampakan matahari yang paling jelas. Dari sana kemudian didapatkanlah gambaran medan magnetik matahari yang selama ini tidak bisa dilihat oleh mata telanjang manusia namun efeknya bisa dirasakan hingga seluruh alam semesta.

Seperti diketahui bahwa medan magnet matahari bertanggung jawab atas segala sesuatu yang melibatkan ledakan matahari yang memberikan efek terhadap cuaca ruang angkasa di dekat bumi misalnya terbentuknya aurora hingga berbagai radiasi yang bisa dirasakan oleh manusia di bumi.

196482_1655311901894_1209987531_31575942_3129578_n
magnet matahari [ Image Sopurce ]

Dari sana kemudian mendorong ilmuwan NASA, Holly Gilbert merancang suatu permodelan menggunakan komputer mengenai bentuk medan magnet matahari. Dengan permodelan tersebut manusia bisa melihat bentuk medan magnet matahari yang mempengaruhi cuaca di ruang angkasa hingga di bumi yang selama ini tidak bisa dilihat dengan mata telanjang.

Program yang dibuat tersebut kemudian diberi nama Potential Field Source Surface (PFSS) Model. Bentuk sistem magnet matahari bisa dilihat pada tayangan video di akhir artikel ini. Dari video model itu dapat dijelaskan bahwa sistem magnetik matahari sangat penting untuk dipelajari dan diketahui.

Alasannya adalah dengan mengetahui medan magnet matahari manusia akan memahami sifat dari ruang pada sistem tata surya yang nantinya akan memberi loncatan besar bagi menusia untuk mengarungi luar angkasa atau menerbangkan pesawat luar angkasa di sekitar tata surya. Sebab medan magnet matahari mempunyai tanggung jawab besar atas terciptanya ledakan matahari yang mempengaruhi cuaca ruang angkasa.

Dalam video permodelan di atas kita bisa melihat bahwa medan magnet matahari di atas permukaannya selalu mengarah pada gerakan plasma yaitu materi di dalam korona yang bersinar terang pada gambar EUV. Jejak fotosfer matahari juga bisa diukur dengan tepat manggunakan alat magnetograph yang mengukur kekuatan dan arah medan magnet. Nantinya hasil penelitian ini akan sangat berguna bagi manusia untuk melakukan perjalanan di luar angkasa dengan lebih aman.