OMG! Anda Bisa Membaca Tulisan Dokter Ini?

Wajar saja jika seorang dokter memiliki tulisan yang jelek. Hal itu memang sengaja dilakukan agar resep obat hanya bisa dibaca oleh para ahli. Tapi, seorang dokter asal China sampai digugat karena tulisannya yang terlalu jelek. Para pasien asal propinsi Jiangsu mengeluhkan sulitnya membaca tulisan dokter tersebut. Bahkan seorang apoteker juga merasa kesulitan membacanya.

Zhang hanya salah satu pasien yang tidak tahan dengan tulisan dokter tersebut, ia mengunggah foto resep itu dan dengan cepat menuai respon dari para netizen. Salah seorang netizen bernama Cheng Yige juga keberatan dengan tulisan itu. Menurutnya, dengan tulisan sejelek itu, rentan terjadi miskomunikasi antara dokter dan pasien. Pasien juga dirugikan, karena dia tidak memahami diagnosis dan kondisi medisnya.

20160324133639-1-tulisan-tangan-dokter-china-001-ardyan-mohamad
Tulisan dokter [ Image Source ]

Dan rupanya kasus tulisan buruk itu tidak hanya menimpa Zhang, pemilik akun twitter @Liudandan juga pernah mengalami hal serupa. Saat itu, ia mencoba menebus resep obat di salah satu apotek. Namun, apoteker sama sekali tidak bisa membaca tulisan cakar ayam tersebut. Ia memutuskan kembali untuk menanyakan pada sang dokter, namun mirisnya dokter tersebut juga tidak bisa membaca apa yang telah ditulisnya.

Adanya protes tulisan itu rupanya ditindaklanjuti oleh pemerintah setempat. Saat ini, Dinas Kesehatan setempat mulai rutin melakukan kunjungan ke rumah sakit besar. Mayoritas dokter di negeri China memang memiliki tulisan yang buruk, mereka beralasan sedang tergesa-gesa menangani pasien lain. Padahal, sebelumnya sudah ada imbauan pada setiap dokter agar menulis dengan aksara dan tanda baca yang jelas. Tapi sayangnya imbauan itu tidak begitu berdampak.

Di China, ada sekitar tujuh dokter yang menerima denda dan penurunan pangkat hanya karena tulisannya yang sangat buruk. Dekan Universitas Beijing, Liu Yuanli, mendesak pihak rumah sakit untuk menggunakan sistem elektronik. Dengan begitu, tidak akan ada lagi kasus tulisan cakar ayam yang menyulitkan pasien.