Yang Insomnia Wajib Baca! Makanan Ini Akan Membantumu Cepat Tidur

Susah tidur adalah salah satu masalah yang kerap kali muncul. Kira-kira, apa yang kamu lakukan jika mengalami insomnia? Menghitung domba atau membaca buku? Hal itu kadang tidak banyak membantu.

Padahal banyak study yang telah menjelaskan bahwa kita butuh tidur setidaknya enam sampai delapan jam sehari. Seorang ahli gizi memaparkan jika mengkonsumsi beberapa makanan di bawah ini akan membantu kamu untuk tidur lebih baik.

Karbohidrat

Gandum atau beras merah ternyata bisa membantu mengubah pola tidur.  Cassandra Barns, seorang ahli gizi menjelaskan, bahwa karbohidrat seperti gandum akan membantu menjaga tingkat gula dalam darah. Hal itu memungkinkan untuk menyediakan energi dalam tubuh kamu.

5310_tips_diet_untuk_penggemar_karbo_
[ Image Source ]
Jika kamu berpikir energi hanya dibutuhkan saat terjaga, maka kamu salah. Kernyataannya adalah, energi masih dibutuhkan meski dalam kondisi tidur. Otak dan tubuh membutuhkan glukosa untuk tetap bekerja.

 

Protein

Jika kamu sering mengalami gangguan tidur, ada baiknya mengontrol kembali konsumsi protein. Kecukupan protein akan membantu kamu tidur lebih baik. Seorang ahli menyarankan untuk mengkonsumsi lebih banyak bagi anak yang sedang masa pertumbuhan.

foods-high-in-protein-640x379
[ Image Source ]
Kacang-kacangan, biji-bijian, ikan akan keju, selama tidak berlebihan akan membuat tidurmu lebih berkualitas. Namun, protein terlalu banyak juga harus dihindari saat kamu akan pergi tidur. Hal itu karena protein akan sulit dicerna, apalagi daging.

 

Air Kelapa

Air kelapa merupakan sumber mineral elektrolit, kaliun, kalsium, magnesium, fosfor dan natrium. Sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga fungsi otot. Segelas air kelapa yang diminum sebelum tidur akan membantu kamu mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

0aa092ec2d4bbcf47bfbbc9bf74dc198_XL
[ Image Source ]
Mineral dalam air kelapa akan membantu kamu untuk memaksimalkan fungsi saraf. Selain itu juga dapat mencegah kram kaki dan gelisah di malam hari. Air kelapa terbaik adalah yang berasal dari kelapa hijau.

 

Teh Herbal

Mengkonsumsi teh herbal sebelum tidur memang nikmat. Tapi, selain nikmat, rupanya teh herbal juga menyimpan banyak manfaat. Terutama untuk kualitas tidur kamu.

teh
[ Image Source ]
Teh herbal dapat melemaskan otot saraf. Juga berperan sebagai penenang tidur kamu. Jadi, tak perlu lagi minum obat penenang. Teh herbal saja cukup.

 

Buah Ceri

Buah imut satu ini selain enak, juga bermanfaat untuk membantu kamu yang sedang mengalami gangguan tidur. Buah ceri kaya akan melatonin. Sebaiknya kamu minum satu cangkir jus ceri atau setidaknya seperdelapan ceri kering sebelum tidur.

Ilustrasi buah ceri
[ Image Source ]
Melatonin adalah kelenjar kecil yang berada di otak, dan berfungsi untuk mengontrol siklus tidur. Dalam sebuah artikel yang diterbitkan Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism menyimpulkan bahwa dosis kecil melatonin dapat membantu penderita insomnia untuk tidur malam.

Bagi kamu penderita insomnia, jangan buru-buru mengkonsumsi pil tidur. Kebiasaan susah tidur itu bisa diperbaiki dengan cara mengkonsumsi makananan di atas. Sangat sederhana dan tanpa efek samping. Siap mencoba?