5 Kekayaan Suku Minangkabau Yang Memukau

Tak diragukan lagi, Indonesia memang kaya sebab keanekaragaman suku yang ada. Minangkabau hanya salah satu suku di antaranya. Orang Minang dikenal senang merantau, namun hal itu bukan berarti tidak mencintai asal usul mereka.

Orang Minang melakukan perantauan memang salah satu proses untuk kehidupan yang lebih baik. Di balik itu, sebenarnya Minangkabau juga memiliki kekayaan yang patut dibanggakan, dan berikut ini hanya sebagian kecil yang dimiliki Minang.

Kuliner

Kuliner di Indonesia memang terkenal dengan kelezarannya. Warisan Minangkabau juga tak kalah dari suku lainnya. Bahkan, makanan warisan Minangkabau adalah salah satu yang paling terkenal di Indonesia. Di setiap kota di Indonesia pasti terdapat rumah makan Padang.

0[ Image Source ]

Rendang adalah menu yang paling digemari. Bukan oleh suku Minangkabau saja, tapi nyaris semua penduduk Indonesia menyukainya. Perpaduan rasa pedas dengan bumbu rempah-rempah yang digunakan untuk mengolah daging, memang membuat lidah selalu kangen.

Menjunjung Tinggi Adat Istiadat

Meski orang Minang dikenal senang merantau, tapi sungguh mereka tidak pernah lupa pada adat istiadat. Hingga kini masyarakat asli Minang masih patuh dengan peraturan yang sudah ada sejak dulu.

0[ Image Source ]

Salah satu adat yang bertahan hingga kini adalah ‘uang penjemput’. Hal ini terjadi ketika akan terjadi pernikahan. Mempelai wanita akan menjemput pria dengan membawa uang. Uang di sini sebagai cara wanita untuk menghargai dan berterima kasih atas jasa orang tua si pria yang telah merawat dan membesarkannya.

Kesenian Tradisional

Sama seperti suku lain, Suku Minangkabau juga memiliki kesenian khas yang hanya ada di Ranah Minang. Yang menonjol dari keseniang Minang yaitu seni bela diri. Banyak sekali seni silat yang asli berasal dari warisan Minangkabau.

0[ Image Source ]

Salah satu yang terkenal dari Minang adalah seni ‘pencak silat’. Seni ini memiliki dua fungsi, yaitu permainan dan seni bela diri. Seni ini digunakan untuk pertunjukan, gerakannya memang seperti silat, namun bukan untuk menciderai lawan.

Mata Pencaharian

Etnis Minangkabau sangat terkenal profesional serta intelektual. Mereka memiliki poin plus dalam perniagaan. Mungkin karena bakat yang diwariskan oleh orang-orang terhormat zaman kerajaan Melayu dan Sriwijaya yang memang piawai berdagang.

0[ Image Source ]

Bukan hal baru jika orang Minang merantau ke segala penjuru Indonesia, namun kebanyakan dari mereka tidak kerja di kantor atau sebagainya. Mereka lebih memilih membuka usaha sendiri seperti berdagang, terlebih berdagang makanan. Banyak sekali kan rumah makan khas Padang di penjuru nusantara?

Karya Yang Dihasilkan

Orang Minang selain mahir berdangang, rupanya juga lihai menenun. Tradisi ini masih dilestarikan hingga sekarang. Songket yang dihasilkan juga terkenal dengan keindahan motifnya, namun kualitasnya yang tinggi.

0[ Image Source ]

Bahkan dulu songket khas Minang ini pernah go Internasional dalam Pekan Raya Ekonomi yang diadakan di Belgia. Dalam acara tersebut, bahkan cara menenun pun didemonstrasikan. Songket memang karya Minang yang patut dibanggakan.

Baiklah, MInangkabau rupanya jauh lebih kaya dari yang dibayangkan orang-orang. Adat istiadat, kesenian, dan kepribadiannya yang unik membuat Minang berbeda dari suku lain. Tak sulit menemukan orang Minang di penjuru nusantara, coba saja sambangi rumah makan khas Padang, dan coba ngobrol dengan pemiliknya. Sebagian besar berasal asli Ranah Minang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *