4 Misteri Bawah Laut Indonesia yang Benar-benar Menakjubkan

“Nenek moyangku seorang pelaut”, itu adalah penggalan lirik sebuah lagu yang mungkin sering kita dengar. Lagu tersebut mencerminkan bagaimana Indonesia adalah sarangnya para pelaut. Tak begitu mengherankan, karena nyatanya hampir sebagian besar wilayah Indonesia ditutupi oleh air.

Lautan pun menyimpan misteri tersendiri yang menunggu untuk terkuak dan menunjukkan betapa kayanya Indonesia. Termasuk beberapa hal berikut ini. Keberadaan mereka sempat membuat heboh publik dan memunculkan berbagai spekulasi. Penasaran ada rahasia apa saja yang tersimpan di lautan Indonesia? Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Kapal Selam Nazi Jerman

Mungkin muncul pertanyaan di benak Anda apa yang dilakukan Jerman di Indonesia? Padahal, negera itu tak pernah menjajah negeri ini. Keberadaan Jerman di Indonesia salah satunya dibuktikan dengan ditemukannya peninggalan berupa bangkai kapal selam milik tentara Nazi Jerman di laut Jawa. Bangkai kapal selam itu tepatnya ditemukan di kawasan laut Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah.

 Kapal Selam Nazi Jerman [image source 1 , 2 ]
Kapal Selam Nazi Jerman [image source 1 , 2 ]
Bermula dari laporan nelayan setempat, kemudian ditindaklanjuti oleh tim arkeologi yang ditugaskan menyisir laut Karimunjawa. Benar saja ditemukan bangkai kapal selam yang berusia puluhan tahun. Setelah dilakukan investigasi ternyata terungkap bawa kapal itu adalah U-Boat 168 yang tenggelam karena diserang oleh Belanda 6 Oktober 1944.

“Penyelaman oleh tim Arkeologi Nasional di lapangan dilakukan pada 4-17 November kemarin. Hasilnya adalah memang itu runtuhan kapal selam. Identitasnya kita peroleh dari benda yang kita angkat,” ujar Ketua Tim Peneliti Bambang Budi Utomo.

2. Harta Karun di Laut Natuna

Laut Natuna bukan hanya terkenal dengan suguhan pariwisatanya saja, tapi ternyata di dasar lautnya juga tersimpan harta karun sisa peninggalan masa lampau yang begitu memukau. Salah satu temuan yang menghebohkan adalah lima kapal kuno yang karam di perairan Natuna. Bersama kapal tersebut ditemukan juga artefak-artefak kuno yang  berasal dari abad ke-10 hingga ke-19 masehi.

Kapal karam di laut Natuna [image source]
Kapal karam di laut Natuna [image source]
Sebelumnya banyak ahli yang menduga jika Natuna menjadi lokasi perdagangan penting yang menghubungkan daratan Tiongkok dengan Asia Tenggara di masa lalu. Dan setelah ditemukan kapal karam tersebut dugaan itu kian terbukti. Hingga saat ini identitas kapal karam itu masih menjadi misteri, apakah kapal dari Tiongkak atau dari Asia Tenggara masih menjadi sebuah misteri.

3. Tembok Misterius di Laut Papua

Sebagai pulau terbesar kedua di dunia Pupua tentu menyimpan sejuta kekayaan mulai dari lautan hingga daratan yang tak ternilai harganya. Beberapa di antaranya menyisakan sebuah misteri tersendiri setelah ditemukan. Salah satunya adalah keberadaan “tembok lurus” di lepas pantai bagian utara Papua. Setelah diteliti, struktur bangunan tersebut menyerupai sebuah benteng dengan panjang 110 Km dengan ketinggian 1860 meter serta lebar 1700 meter.

Ilustrasi Tembok Jayapura [image source]
Ilustrasi Tembok Jayapura [image source]
Asal usul “tembok lurus” itu hingga saat ini masih menjadi misteri, mengingat manusia sangat tidak mungkin untuk membuat bangunan setinggi itu. Sebagai perbandingan bangunan buatan manusia di zaman modern saja baru bisa setinggi 800 meter. Tapi struktur bawah laut yang disebut Tembok Jayapura itu tingginya bisa mencapai 1860 meter.

Awalnya penampakan tembok besar itu dapat dilihat dari google maps. Tapi karena alasan yang tidak diketahui pasti, pihak google sengaja menghapus gambar Tembok Jayapura itu dari peta. Ada beberapa spekulasi yang muncul. Salah satunya menyebut jika struktur tersebut berasal dari masa lampau ketika Papua dan Australia masih menjadi satu daratan.

4. Ditemukan Jejak Peradaban Bawah Laut, Benarkah Indonesia Adalah Atlantis?

Atlantis begitu menarik perhatian banyak pihak termasuk juga ilmuan-ilmuan ahli yang berusaha membuktikan tentang kebaradaan kota yang tenggelam itu. Atlantis awalnya diceritakan oleh Plato bahwa di masa lalu ada sebuah peradaban kuno yang begitu maju namun sayang peradaban tersebut tenggelam karena bencana. Mengacu pada ciri-ciri yang dibeberkan oleh Plato itu, beberapa pihak menyebut jika kawasan Indonesia adalah Atlantis.

Ilustrasi peradaban Bawah laut [image source]
Ilustrasi peradaban Bawah laut [image source]
Arysio Santos dan Stephen Oppenheimer misalnya, mereka mengemukakan bahwasanya Atlantis terletak di sebuah kawasan yang bernama Pulau Sunda. Apalagi setelah ditemukan jejak-jejak peradaban kuno bawah laut oleh tim ahli geologi, tim Staf Khusus Presiden dan tim ahli gempa-tsunami di kawasan Priangan sampai daerah Banten bagian selatan. Benarkah Atlantis adalah Indonesia? Hal itu hingga saat ini masih menjadi misteri dan belum terbukti kebenarannya. Keberadaan barang temuan di kawasan itu sendiri masih dirahasiakan demi menghindari pencurian.

Itulah beberapa misteri bawah laut Indonesia yang menakjubkan. Terlepas dari semua spekulasi tentang misteri di balik temuan-temuan itu. Laut Indonesia memang begitu kaya dan menjadi daya tarik tersendiri. Kira-kira rahasia besar apalagi ya yang akan ditemukan di kedalaman laut Indonesia?