5 Mitos Enteng Jodoh ini Bisa Dicoba Bagi Jomblo yang Putus Asa

Mitos yang beredar di masyarakat selalu tentang hal-hal buruk. Mulai dari ayam berkokok tengah malam yang katanya ada hantu, sampai larangan keluar saat senja biar tidak dimangsa demit. Selalu hal-hal yang menakutkan. Meskipun demikian, ternyata ada juga mitos yang justru identik dengan hal-hal yang baik. Salah satunya adalah mitos enteng jodoh.

Ya, banyak beredar di masyarakat tentang mitos-mitos ini. Entah karena memang manjur atau hanya kebetulan, tapi banyak yang sudah melakukan praktik mitos tersebut dan tak lama kemudian mendapatkan jodoh sesuai harapan. Percaya tidak percaya sih, tapi yang jelas mitos ini melekat kuat di masyarakat.

Bagi yang jomblo, ini adalah ulasan penting. Mungkin saja mitos-mitos ini akan membuatmu melepas status single yang jadi bully-an banyak orang itu. Simak ulasannya berikut.

Mencuci Muka Dengan Air yang Dipakai Pengantin Ketika Siraman

Dalam prosesi pernikahan adat Jawa, ada yang namanya siraman. Bagian ini biasanya dilakukan sebelum kemanten disanding atau didudukkan di pelaminan. Bagi pengantin, siraman bertujuan untuk membersihkan hati dan jiwa. Namun, meskipun umumnya hanya bermanfaat bagi mempelai, tapi secara khusus air siraman ini juga jadi berkah bagi para single.

upcara siraman
Air siraman pengantin [ Image Source ]

Ketika air yang dipakai siraman ini bersisa entah segayung dua gayung, maka biasanya akan jadi rebutan para wanita-wanita single. Pasalnya, Konon bagi wanita yang mencuci muka dengan air sisa siraman ini, maka mereka akan segera menikah pula. Terkesan absurd dan tidak logis memang, tapi gara-gara ini lumayan banyak yang langsung menikah tak lama kemudian.

Mencuri Bunga Melati Pengantin Tanpa Ketahuan

Setiap pernikahan orang Jawa, selalu identik dengan yang namanya bunga melati. Kalau bagi pengantin pria, biasanya dijadikan kalung atau ornamen keris. Sedangkan untuk wanita, biasanya dipakai sebagai hiasan sanggul. Nah, mitosnya, barang siapa bisa mencuri sedikit dari melati-melati ini, maka seseorang itu akan menyusul ke pelaminan tak lama setelahnya.

Baju-Pengantin-Muslim-Adat-Jawa-Tipe-1
Mari curi bunga melatinya [ Image Source ]
Namanya juga mencuri, maka kita harus ambil diam-diam. Sayangnya, mitos ini belakangan mulai tak ampuh lagi. Lha bagaimana, bunga melati ini biasanya malah dibagi-bagi begitu saja oleh si pengantinnya. Alhasil, khasiat bunga melatinya pun luntur.

Tangkap Buket Bunga Biar Cepat Nikah

Di pernikahan gaya modern atau barat, pasti kita bisa menemukan yang namanya buket bunga. Bentuknya ya seperti rangkaian bunga biasa, tapi ini adalah benda keramat penyelamat jodoh. Dalam resepsi gaya barat ada sebuah prosesi yang namanya lempar buket. Mitosnya, bagi siapa pun yang bisa menangkap ini, maka ia akan segera menyusul ke pelaminan.

057474300_1436610209-header
Lempar buket bunga [ Image Source ]

Mekanismenya biasanya si mempelai berdua membelakangi hadirin. Lalu, para jomblo-jomblo akan berbaris di belakang pasangan pengantin. Kemudian bunga dilemparkan ke belakang dan para single akan memperebutkannya. Banyak yang bilang sih buket bunga sudah tak mistis lagi. Ada yang bolak balik dapat benda ini ketika kawinan tapi juga tak kunjung ada yang melamar.

Berendam di Curug Putri Cirebon Juga Bikin Enteng Jodoh

Mengunjungi Cirebon jangan hanya untuk berwisata saja, tapi manfaatkan juga untuk mencari jodoh. Caranya, ya kenalan dengan wanita-wanita di sana. Kalau belum manjur juga, sepertinya harus mendatangi satu tempat yang bernama Curug Putri.

cimg3838
Curung Putri [ Image Source ]

Curug Putri ini adalah sebuah air terjun yang letaknya di kawasan Taman Palutungan. Alasan kenapa harus mengunjungi tempat ini, adalah tentang mitos yang mengatakan barang siapa berendam di air terjun ini maka akan segera mendapatkan jodoh. Tak ada prosesi khusus, kita hanya perlu bersenang-senang saja di sini. Katanya sih sudah banyak yang ketemu jodohnya tak lama setelah mandi di tempat ini.

Pegang Belut Raksasa di Ambon Bisa Bikin Cepat Kawin

Ambon juga tempat yang asyik untuk mencari jodoh. Tak hanya karena gadis-gadis di sini cantik luar biasa, tapi juga beredarnya mitos unik yang konon bisa bikin enteng jodoh. Di Ambon ada sebuah kolam yang ada di daerah bernama Negeri Waai. Di kolam ini terdapat belut raksasa yang ukurannya sepaha. Mitosnya, kalau bisa pegang salah satu dari mereka, kita bakal dapat jodoh.

Belut-morea-desa-waai-5
Belut Ambon [ Image Source ]

Pegang belut raksasa bukan perkara mudah. Apalagi bagi yang geli dan ngeri dengan hewan-hewan semacam ini. Tapi, tak perlu khawatir karena menurut penduduk setempat, belut-belut ini ramah asal mood-nya pas lagi baik. Jika pegang belut saja tak berani, apalagi pegang tangan pak wali pas ijab kabul nanti?

Inilah mitos-mitos soal enteng jodoh yang populer di Indonesia. Boleh percaya boleh tidak, karena ini semua dikembalikan lagi ke masing-masing orang. Tapi, kalau pengen coba sepertinya tak masalah untuk dilakukan. Siapa tahu benar-benar bisa terjadi dan bikin kamu dapatkan pengantin yang cantiknya seperti Raisa Andriana atau Dian Sastro. Siapa tahu.