Ini Lho 7 Mobil Polisi Tercepat di Dunia yang Bikin Penjahat Kalang Kabut

Audi R8 GTR

Menangkap penjahat sudah menjadi salah satu tugas polisi demi terjaganya keamanan dan ketertiban. Terkadang usaha penangkapan ini juga sampai di jalan raya dan terjadilah adegan kejar mengejar antara polisi dan penjahat.

Bagi beberapa polisi di dunia, aksi kejar-mengejar ini bakal lebih mudah karena mereka dilengkapi dengan mobil-mobil super cepat. Berikut ini beberapa mobil polisi paling cepat di dunia yang akan membuat penjahat merasa percuma saja kabur naik mobil.

1. Lexus IS-F (Inggris)

Pada Juli 2009, mobil Lexus IS-F ditambahkan ke jajaran mobil patroli di Inggris untuk melawan kebiasaan ngebut masyarakat. Dengan kecepatan sampai 270 kilometer per jam, Lexus IS-F mampu mengejar kebanyakan mobil lainnya. Tidak cuma cepat, mobil ini juga dilengkapi dengan 2 alat komunikasi radio teknologi tinggi, 4 kamera, dan 1 buah platform komputer yang memungkinkan polisi mengakses database kepolisian.

Lexus IS-F
Lexus IS-F [via]
Mobil yang digunakan di wilayah Inggris Utara oleh polisi Humberside ini umumnya cuma digunakan sebagai tindakan pencegahan saja. Meski begitu, mobil ini kadang juga digunakan untuk mengejar kriminal dan tukang ngebut yang menggunakan mobil sport super cepat.

2. Spyker C8 Spyder (Belanda)

Mobil Spyker C8 Spyder mulai memperkuat kepolisian Flevoland, Belanda sejak Oktober, 2008 lalu. mobil ini mampu melesat dari kecepatan 0 ke 100 kilometer per jam hanya dalam 4,5 detik saja. Top speed mobil ini mencapai 301 kilometer per jam.

Spyker C8 Spyder
Spyker C8 Spyder [via]
Meski begitu, tidak jelas apakah kepolisian Flevoland menggunakan mobil super ini untuk pengejaran kecepatan tinggi atau sekedar untuk parade dan kegiatan publik. Tapi apapun tujuannya, Spyker C8 Spyder jelas akan menambah kredibilitas kepolisian tersebut.

3. Audi R8 GTR (Jerman)

Polisi Jerman diperkuat dengan mobil Audi R8 GTR, sebuah supercar yang mampu mencapai top speed 325 kilometer per jam. Tidak hanya itu saja, mobil ini bisa melesat dari 0 ke 100 kilometer per jam hanya dalam waktu 3,2 detik.

Audi R8 GTR
Audi R8 GTR [via]
Meski begitu, mobil ini tidak digunakan untuk patroli dan hanya untuk mencegah terjadinya kejahatan saja. Terkadang juga malah hanya digunakan untuk parade atau pameran. Tapi kalau sampai turun ke jalanan, dijamin mengejar penjahat di jalan raya adalah perkara yang gampang!

4. Lamborghini Gallardo LP560-4 (Italia)

Polisi di Italia dengan senang hati menggunakan supercar Lamborghini Gallardo untuk memperkuat jajarannya. Mobil ini mampu mencapai kecepatan 100 kilometer per jam hanya dalam 3,7 detik dengan top speednya 327 kilometer per jam. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan sistem video teknologi tinggi, sebuah alat pemacu jantung, dan sebuah pendingin untuk membawa organ donor.

Lamborghini Gallardo LP560-4
Lamborghini Gallardo LP560-4 [via]
Mobil ini digunakan untuk patroli di jalan tol Italia. Kecelakaan dan pencegahan terjadinya tindakan kriminal menjadi daftar utama yang dilakukan dengan mobil ini. Tapi sayang, pada Desember 2009, salah satu Lamborghini ini mengalami kerusakan parah ketika seorang pengendara motor memotong jalurnya sehingga mobil tersebut kehilangan kendali dan terbalik menabrak beberapa mobil yang diparkir.

5. Ferrari FF (Uni Emirat Arab)

Ferrari FF bukanlah mobil super pertama yang digunakan polisi Dubai untuk mencegah kejahatan, dan yang jelas juga bukan yang terakhir. Dubai menghadirkan mobil Ferrari FF dengan top speed 335 kilometer per jam. Mobil jenis ini mungkin memang cuma satu dari banyak supercar lain yang digunakan oleh polisi Dubai. Tapi, Ferrari FF ini hanya digunakan oleh para polisi wanita saja.

Ferrari FF
Ferrari FF

Letnan Polisi Dubai menjelaskan bahwa Dubai adalah kota yang unik dan semua yang ada didalamnya harus merefleksikan keunikan tersebut. Itulah mengapa pihaknya memutuskan untuk membeli mobil tersebut. Mobil Ferrari FF ini digunakan untuk berpatroli di sekitar wilayah tempat wisata populer dan untuk menunjukkan pada pengunjung betapa berkelasnya kota Dubai.

6. Lamborghini Aventador LP 700-4 (Uni Emirat Arab)

Dubai punya supercar lain yang digunakan polisi, yaitu Lamborghini Aventador LP 700-4. Mobil ini bisa mencapai kecepatan tertinggi hingga 349 kilometer per jam.

Lamborghini Aventador LP 700-4
Lamborghini Aventador LP 700-4 [via]
Berbagai kabar beredar tentang alasan Dubai membeli mobil super cepat ini. Ada yang mengatakan mobil ini untuk mencegah pengemudi lain kebut-kebutan di jalan, sementara yang lain mengatakan ini cuma untuk pameran. Tapi ada juga yang berpendapat bahwa mobil ini hanya agar orang tertarik bergabung dengan kepolisian.

7. Aston Martin One-77 (Uni Emirat Arab)

Mobil selanjutnya lagi-lagi juga berasal dari Arab, tepatnya kota Dubai. Mobil Aston Martin One-77 juga ikut masuk dalam jajaran supercar yang digunakan oleh kepolisian Dubai. Mobil dengan top speed 354 kilometer per jam ini telah dimodifikasi agar bisa digunakan untuk memerangi kejahatan.

Aston Martin One-77
Aston Martin One-77

Balapan ilegal dan mengemudi ugal-ugalan terbukti telah menjadi pembunuh utama di Arab. Bahkan 1 orang di Abu Dhabi tewas setiap 26 jam karena kecelakaan di jalan raya. Sayangnya memberi kartu tilang saja tidak terlalu membantu menyelesaikan masalah ini. Jadi, Dubai menggunakan Aston Martin untuk mengejar para pelaku dan kabarnya akan mulai memperkarakan kasus mengemudi melebihi batas kecepatan sebagai tindakan kriminal.

Harga mobil super cepat memang mahalnya gila-gilaan. Tapi jelas dengan mobil seperti ini mengejar pelaku kejahatan atau meluncur ke sebuah lokasi kejahatan dan memberikan bantuan akan bisa dengan cepat dilakukan. Tapi kalau di Indonesia, sepertinya hal ini tidak akan bisa dilakukan dalam waktu dekat ini. Dengan jalanan yang macet, berlubang, banyak polisi tidur, atau banyak genangan air, mobil supercar tidak akan banyak berguna.