5 Hal Hebat ini Membuat Mojokerto Dijuluki Sebagai Kota Wisata dan Budaya

Mojokerto adalah Kabupaten dan Kota yang memiliki potensi besar di Jawa Timur. Di bidang industri, Mojokerto sudah memiliki banyak sekali kawasan industri yang memberikan gaji besar setara Surabaya. Di bidang pariwisata, Mojokerto memiliki beberapa wisata unggulan mulai dari air terjun, kawasan pegunungan, hingga wisata budaya yang tidak ada duanya di Indonesia.

Kawasan Mojokerto yang ada sekarang adalah kota tua. Kota peninggalan Majapahit yang pernah berkuasa ribuan tahun yang lalu. Itulah mengapa nyaris di setiap sudut Mojokerto bisa ditemukan benda-benda bersejarah. Menyebut Mojokerto sebagai kota wisata dan budaya sepertinya tak berlebihan. Apalagi dengan lima hal di bawah ini.

Situs Budaya Trowulan yang Megah

Situs Budaya Trowulan adalah sebuah kawasan yang merupakan kawasan purbakala yang berisi banyak sekali peninggalan Kerajaan Majapahit. Area ini memiliki luas sekitar 25 kilometer persegi. Pada bagian tengah situs terdapat jalan negara yang menghubungkan Mojokerto dan Surabaya. Reruntuhan Trowulan ini ditemukan pertama kali pada tahun 1811 oleh Gubernur Jenderal Belanda Sir Thomas Stamford Raffles. Sejak ditemukan, kawasan ini terus digali dan diselamatkan agar bisa diteliti sejarahnya.

Candi Tikus
Situs Budaya Trowulan yang Megah [ Image Source ]

Kawasan Trowulan memiliki banyak sekali objek yang luar biasa. Objek itu adalah bukti betapa hebatnya Kerajaan Majapahit. Di situs ini pengunjung bisa menemukan Candi Tikus, Gapura Bajang Ratu, Gapura Wringin Lawang, Candi Brahu, Makam Putri Cempaka, Kolam Segaran, Candi Menak Jingga, Situs Watu Umpak, dan Makan Troloyo. Situs Trowulan adalah surga bagi wisatawan yang menyukai sejarah masa lampu.

Air Terjun Coban Canggu

Air Terjun Coban Canggu adalah salah satu air terjun unggulan di Kabupaten Mojokerto. Air terjun ini berada di lereng Gunung Welirang dengan ketinggian 800 mdpl. Tinggi air terjun Coban Canggu dari tanah mencapai 80 meter. Mengalir melintasi tebing batu kokoh yang sekitarnya hijau ditumbuhi banyak sekali tanaman rambat hijau.

Air Terjun Coban Canggu
Air Terjun Coban Canggu [ Image Source ]

Untuk sampai di tempat ini pengunjung harus mengambil arah menuju Pacet. Jalanan yang menuju ke sana cenderung menanjak karena berada di daerah pegunungan. Disarankan lebih hati-hati dalam mengendarai mobil atau motor. Selain Coban Canggu, Mojokerto juga memiliki air terjun lain seperti air terjun Grenjengan dan Watu Ulo.

Api Abadi Sejak Zaman Majapahit

Mojokerto juga memiliki sumber api yang tak busa padam dan dinamai dengan api abadi Bekucuk. Apa ini ditemukan pertama kali pada tahun 1993 di dusun Bekucuk, Tempuran, Mojokerto. Konon api ini telah ada sejak zaman Majapahit. Kala itu api-api ini banyak digunakan oleh para ahli pembuat senjata Majapahit. Senjata yang dibuat dengan api ini dianggap memiliki ketahanan dan kekuatan yang hebat.

ilustrasi api abadi
Api Abadi Sejak Zaman Majapahit [ Image Source ]

Saat ini api abadi ini dijadikan tempat wisata yang unik di Mojokerto. Pengunjung bisa melihat kobaran api yang terus menyala meski tidak diberi bahan bakar. Jika api ini berasal dari zaman Majapahit, artinya api sudah menyala selama ratusan tahun.

Patung Buddha Tidur di Maha Vihara Mojopahit

Tak perlu jauh-jauh sampai ke Thailand jika ingin menyaksikan patung Buddha tidur yang memiliki ukuran raksasa. Di Mojokerto tepat di daerah Trowulan ada sebuah patung Buddha tidur yang ukurannya fantastis. Patung ini dicat dengan warna emas hingga tampak berkilauan jika dilihat dari kejauhan.

BUddha Tidur Trowulan
Patung Buddha Tidur di Maha Vihara Mojopahit [ Image Source ]

Patung Buddha tidur ini memiliki panjang 22 meter dan lebar 6 meter. Dari tanah, patung ini memiliki tinggi hingga 4,5 meter. Patung yang terletak di Maha Vihara Mojopahit ini dikenal sebagai patung Buddha tidur terbesar ketiga di Asia. Lokasi tempat patung ini berada saat ini semakin dipercantik hingga setiap hari ada ratusan hingga ribuan orang yang datang untuk mengagumi kemegahannya.

Sambel Wader dan Onde-Onde Khas Mojokerto

Tidak lengkap rasanya jika ke Mojokerto tanpa mencicipi makanan khas setempat yang dikenal sangat nikmat. Salah satu yang paling terkenal dan tidak ada duanya adalah Sambel Wader. Makanan ini terdiri dari sambal yang dibuat dengan komposisi khusus lalu disantap dengan ikan wader yang digoreng hingga kering. Menyantap Sambel Wader dengan nasi putih panas akan menimbulkan sensasi tersendiri.

Onde-onde Mojokerto
Sambel Wader dan Onde-Onde Khas Mojokerto [ Image Source ]

Kuliner selanjutnya yang tak bisa dipisahkan dari Mojokerto adalah onde-onde. Camilan bulan dari tepung ketan dan isian pasta kacang ini memang selalu dicari banyak orang. Onde-onde khas Mojokerto memang lebih nikmat dari daerah lain. Itulah mengapa banyak wisatawan yang memburu onde-onde ini ketika berkunjung ke Mojokerto sebagai oleh-oleh yang sangat nikmat.

Demikianlah lima hal hebat yang dimiliki oleh Mojokerto dan menjadikannya menjadi kota wisata dan budaya. Jika anda menyukai wisata budaya yang sangat khas jangan sungkan-sungkan untuk datang ke Mojokerto saat ini juga