Patut Dikunjungi! 5 Museum Paling Unik Di Dunia

Museum adalah tempat untuk menyimpan serta memajang benda-benda yang dirasa memiliki nilai seni. Di Indonesia sendiri banyak sekali museum yang dijadikan tujuan wisata. Seberapa sering Anda menjadi penikmat museum yang ada di Indonesia?

Jika Anda haus akan sesuatu yang berbeda, Anda bisa mengunjungi museum paling unik di dunia, dan tiga di antaranya terdapat di Indonesia. Berikut adalag lima museum unik, anti mainstrem yang pasti memberi kesan berbeda dari museum lainnya.

Museum Kata Andrea Hirata

Jika selama ini Anda mengenal Andea Hirata sebagai penulis besar Indonesia, itu memang benar. Penulis yang karyanya sukses go Internasional berkat novelnya yang berjudul Laskar Pelangi ini mendirikan museum literasi pertama di Indonesia.

0[ Image Source ]

Museum ini terletak di Jalan Raya Laskar Pelangi No.7, Gantong, Belitung Timur. Ketika memasuki museum ini, Anda akan merasakan nuansa novel Laskar Pelangi. Tak hanya itu, di sini juga terdapat banyak sekali foto-foto sang penulis dan berbagai kalimat inspiratif.

Museum Harry Darsono

Untuk mengunjungi museum ini, Anda diharuskan untuk mengganti sepatu dengan sandal. Alasannya, suara langkah kaki yang dikeluarkan akan mengganggu Harry. Sebab pria berusia 65 tahun itu mengidap gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas.

0[ Image Source ]

Saat mengunjungi museum ini, mata akan dibuat takjub dengan keindahan karya-karya Harry yang kebanyakan dibuat dengan tangan. Tidak dipungut biaya untuk mengunjungi museum ini, Anda hanya perlu berdonasi sebesar 185.000 untuk anak-anak berkebutuhan khusus.

Museum Nike Ardilla

Bukan berlebihan jika Nike Ardilla dimasukkan dalam salah satu sosok legenda. Hidupnya memang tergolong singkat, namun karyanya masih dikenang hingga kini. Para penggemarnya juga sepertinya tidak pernah berkurang. Buktinya hingga kini, makamnya masih banyak dikunjungi.

0[ Image Source ]

Bagi Anda yang mengagumi sosok Nike Ardilla, bisa bernostalgia dengan mengunjungi museumnya yang terletak di Bandung Jawa Barat. Penggagas museum ini sendiri sebenarnya para penggemarnya yang tergabung dalam komunitas Nike Ardilla Fans Club (NAFC).

Museum Ramen Jepang

Museum ramen di Jepang merupakan taman hiburan di mana toko-toko ramen dikumpulkan. Pengunjung dapat mencicipi beberapa ramen yang dijual di toko. Tak perlu takut kekenyangan, sebab masing-masing toko menyiapkan ‘mini ramen’.

0[ Image Source ]

Museum ini juga menyediakan kedai kopi gaya Showa era. Museum ini telah didirikan sejak 20 tahun lalu, dan menjadi pelopor taman hiburan bertema makanan yang ada di Jepang. Dan saat ini Jepang juga mulai aktif membuat taman wisata bertema sejenis di seluruh Jepang.

Museum Mumi Meksiko

Museum ini menjadi salah satu tempat tujuan wisata di seluruh Mexico. Di tempat ini terdapat kurang lebih 108 mayat dari berbagai usia kematian. Bahkan terdapat mayat janin dari wanita korban kholera.

0[ Image Source ]

Pada tahun 1958, ada undang-undang yang melarang pameran mumi, namun saat itu museum tersebut sudah terlanjur terkenal dan banyak diminati. Hingga pada akhirnya museum tersebut dibiarkan saja memamerkan jenazah. Apalagi berkat film berjudul  Santo Versus The Mummies of Guanajuato, museum ini makin dikenal luas.

Barangkali mengunjungi museum mumi di Mexico dan museum ramen di Jepang terlalu jauh, tapi masih ada tiga pilihan lain yang berada di kawasan Indonesia. Dari tiga museum unik Indonesia di atas, mana yang paling menarik untuk dikunjungi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *