Fakta Penting yang Harus Anda Tahu Tentang Muslim di India

Sampai saat ini, pemeluk Islam di negara India memang terus meningkat. Bahkan seorang peneliti memperkirakan pada tahun 2070 muslim di India akan jadi terbanyak di dunia. Hal ini disebabkan umat Islam memiliki kesuburan tinggi, rata-rata memiliki 3 anak.

Di tahun 2013, India memiliki 1 milliar penduduk dan 174 juta jiwanya adalah pemeluk Islam. Dari hasil riset, telah membuktikan bahwa perkembangan Islam tertinggi berasal dari India dan Afrika. Perkembangan itu jadi kabar gembira bagi muslim lainnya. Kira-kira, seperti apa kehidupan muslim di India ya? Berikut 5 fakta tentang muslim India yang harus kamu tahu.

Peci Plastik di Masjid

Sehari dalam seminggu, kaum Adam memang diwajibkan untuk melaksanakan sholat Jum’at berjamaah di masjid. Kita pasti tidak asing dengan pria Indonesia yang berbondong-bondong ke masjid. Penampilan mereka rata-rata sama, berpeci lengkap dengan sarung.

pakistan-dagang-peci-islamabad
Peci Plastik di Masjid [ Image Source ]

Namun berbeda dengan di India yang memiliki kebiasaan unik. Warga muslim yang datang ke masjid tidak perlu menggunakan peci, karena masjid sudah menyiapkan peci plastik. Sungguh unik ya.

Tempat Wudhunya Duduk

Rata-rata tempat wudhu di masjid memang dirancang untuk digunakan sambil berdiri. Namun berbeda dengan India, tempat wudhunya memiliki kursi. Wah, jadi bisa wudhu sambil beristirahat ya.

cimg5468
Tempat Wudhunya Duduk [ Image Source ]

Ingin coba? Sepertinya tempat wudhu berkursi memang nyaman digunakan. Siapa tahu di masa depan Indonesia juga terispirasi dan menggunakan model tempat wudhu duduk.

Perempuan Dilarang Masuk Masjid

Sholat berjamaah adalah hal yang dianjurkan. Keutuamaannya sudah jadi rahasia umum. Itulah sebab di Indonesia banyak dibangun masjid yang memungkinkan tiap warganya untuk sholat berjamaah.

wanitamasjid
Perampuan dilarang masuk masjid [ Image Source ]

Namun sayangnya, bagi seorang muslimah di India dilarang masuk masjid. Masjid adalah tempat khusus pria. Waduh, susah juga ya bagi wanita India yang sedang diperjalanan, pasti susah jika akan melaksanakan sholat.

Mayoritas Muslimah India Berpakaian Hitam

Di negara kita, muslimah dibalut dengan pakaian beraneka warna. Jilbab yang dijual pun bermacam motifnya. Sangat kontras dengan di India, mayoritas muslimah hanya menggunakan pakaian hitam.

wives
Mayoritas Muslimah India Berpakaian Hitam [ Image Source ]

Tak hanya berpakaian hitam, wanita Islam di India juga mengenakan cadar. Menyisakan mata dan telapak tangan saja. Kalau begitu, jadi muslimah selalu berseragam dengan muslimah lain ya.

Hampir Semua Muslim di India Bisa Berbahasa Urdu

Urdu adalah bahasa termuda dari cabang Indo-Arya. Bahasa ini diperkirakan berasal dari bahasa Khari Boli yang dituturkan penduduk kota New Delhi. Tidak semua penduduk India bisa menggunakan bahasa ini.

1_1__25_
Hampir Semua Muslim di India Bisa Berbahasa Urdu [ Image Source ]

Namun nyaris semua muslim di India bisa berbahasa Urdu. Seolah jadi bahasa pemersatu umat Islam di India. Kalau di Indonesia, kira-kira apa yang bisa mempersatukan muslimnya?

Sebagai umat muslim, kita semua bersaudara. Berkembangnya umat Islam di negeri Hindustan selayaknya membuat kita bangga. Lantas, bagaimana menurut Anda tentang perkembangan Islam di Indonesia?