Alamak! Aneh Sekali Nama Makanan Nusantara Ini

Alamak! Aneh Sekali Nama Makanan Nusantara Ini

Seperti kita ketahui, negara kita ini memang dikenal dengan warisan kulinernya yang beragam. Masing-masing daerah punya makanan khas yang terkenal akan kelezatannya. Bahkan banyak sekali makanan asli Indonesia yang juga dijual di luar negeri dengan harga mahal.

Berbagai tempat di penjuru Indonesia memiliki wisata kuliner yang patut dikunjungi para wisatawan lokal maupun asing. Di antara makanan khas Indonesia, adakah yang menurutmu yang paling unik? Hmm… tunggu dulu sampai kamu tahu nama-nama makanan di bawah ini.

Nasi Kentut

Mendengar namanya, kok bikin ilfeel, ya? Tapi, tolong jangan buru-buru nolak kalau ada yang nawarin makanan ini. Bahan dasar pembuatan nasi ini tidak dicampur kentut kok. Makanan khas Medan ini sebenarnya nasi yang dimasak dengan daun Paederia foetida atau biasa disebut daun kentut oleh para warga.

150731100535--nasi-kentut-kuliner-khas-kota-medan-rasanya-bikin-nendang[ Image Source ]

Nasi ini biasanya disajikan bersama berbagai lauk seperti pepes, tempe, ayam, sesuai selera deh. Nasi ini sangat recommended buat kamu yang lagi jalan-jalan ke Medan dan merindukan kuliner yang ‘berbeda’.

Kerupuk Melarat

Kerupuk khas Cirebon yang memiliki rasa gurih ini biasa disebut kerupuk melarat. Dalam bahasa Indonesia, melarat berarti miskin.  Yang unik dari kerupuk ini adalah cara menggorengnya tidak menggunakan minyak, melainkan pasir.

Resep Kerupuk Melarat Khas Cirebon[ Image Source ]

Nama melarat sendiri karena di zaman dulu, minyak merupakan barang ‘mewah’, sehingga masyarakat menggunakan pasir untuk menggoreng. Tapi tentu saja bukan sembarang pasir. Yang digunakan adalah pasir pegunungan yang bersih dan kering.

Endog Bulus

Satu lagi yang tidak kalah aneh, bernama ‘Endog Bulus’ atau dalam bahasa Indonesia berarti telur kura-kura. Makanan ini berasal dari Magelang. Namun makanan ini sendiri diciptakan hasil adaptasi dari Etnis Tionghoa yang bermukim di Banyumas sekitar tahun 1880.

CZEYOpmWQAAjVAv[ Image Source ]

Bagian luar makanan ini agak keras dan halus. Sementara dalamnya terdapat adonan gula merah. Rasanya manis dan enak. Sangat cocok sebagai teman teh saat bersantai.

Amplang Kuku Macan

Barangkali, hanya mendengar namanya saja sudah ngerasa serem. Langsung muncul bayangan macan, si raja rimba dengan kuku tajam sih. Tapi, yang jelas makanan khas pulau Burneo ini tidak tajam seperti ‘senjata’ hewan buas ya.

kuku-macan-yang-kriuuk_kidnesiathumb630x368[ Image Source ]

Makanan ini renyah seperti kerupuk. Terbuat dari tepung dan daging ikan tengiri. Yang membuat makanan khas Kalimantan ini dijuluki kuku macan adalah bentuknya yang seukuran kuku macan, serta ujungnya yang berbentuk lancip.

Kue Dollar

Kue yang berasal dari kota Surabaya ini juga punya nama tak kalah unik. Namanya kue dollar. Kue berbentuk bulat pipih ini memiliki rasa yang hampir mirip dengan kue semprong. Bentuknya yang bulat dan pipih seperti uang itulah yang membuat orang-orang menyebutnya dollar.

11856731_1508165532831719_1291101848_n[ Image Source ]

Kue berbahan dasar tepung beras ini dibuat dengan cetakan alumunium. Cetakan itulah yang memberi bentuk pipih seperti uang logam. Dulu, makanan ini hanya memiliki satu rasa, yaitu gula palem. Namun saat ini tersedia pula rasa jahe, wijen ataupun keju.

Di balik nama-nama aneh, ternyata terdapat makanan yang super enak. Istilah itu mungkin cocok untuk menjabarkan makanan-makanan di atas ya. Dari berbagai manakanan bernama aneh tadi, mana yang pernah kamu coba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *