Kalau Nggak Mau Tua di Jalan, Jangan Mau Tinggal di 5 Kota Ini!

Setiap kota besar di dunia mempunyai masalah lalu lintasnya masing-masing. Beberapa ada yang berhasil mengatasi permasalahan tersebut dan tidak sedikit yang tidak berkutik menghadapi permasalahan lalu lintas. Musuh utama di jalan bagi kota-kota besar berpenduduk padat adalah kemacetan. macet seringkali disebabkan karena membludaknya jumlah kendaraan yang tidak sebanding dengan pertambahan lebar jalan serta buruknya pengelolaan transportasi umum.

Kemacetan memang masalah yang kompleks dan sangat sulit untuk diselesaikan setidaknya bagi kota-kota yang ada dalam daftar berikut. Kalau kamu tidak mau tua di jalan sebaiknya pikir seribu kali untuk tinggal di kota-kota dalam daftar yang memiliki lalu lintas paling buruk di dunia berikut ini.

Jakarta, Indonesia

Beberapa kali Kota Jakarta sebagai ibukota negara Indonesia dimasukkan dalam daftar kota dengan lalu lintas terburuk di dunia. Pertumbuhan jumlah kendaraan di kota ini sangat tidak terkendali sedangkan pembangunan ruas jalan baru terhambat minimnya lahan. Hal tersebut masih diperparah belum adanya transportasi massal yang nyaman untuk melayani mobilitas warganya.

Selama puluhan tahun baik warga asli maupun orang yang bekerja di Jakarta menderita dengan urusan lalu lintas, tak terkecuali anak-anak sekolahan. Mereka dipaksa berangkat jauh lebih pagi untuk menghindari jam-jam macet. Mereka paa pekerja juga harus mulau start berangkat ke tempat kerja pada pagi buta agar bisa datang tepat waktu. Ibarat jarak 10 km umumnya bisa ditempuh kurang dari setengah jam, kalau di Jakarta bisa sampai 2-3 jam. Bagaimana kondisi kemacetan di Jakarta pada jamjam sibuk bisa kamu lihat pada tayangan video di atas.

Istanbul, Turki

Setali tiga uang dengan Jakarta, masalah utama dari buruknya lalu lintas di Istanbul, Turki adalah tingginya peningkatan jumlah kendaraan pribadi sehingga daya dukung jalan menjadi tidak memadai. Tercatat setiap tahun ada lebih dari 100 ribu kendaraan pribadi baru yang mengaspal di jalanan kota ini sedangkan dalam kurun waktu yang sama hampir tidak ada penambahan jalan baru yang dibangun.

Jalanan di Istanbul makin semrawut tatkala di beberapa simpangan yang padat pertokoan dan aktovitas warga ternyata tidak diberi lampu lalu lintas. Tidak ada pula pemisahan jalur antara kendaraan bermotor, mobil dan pedestrian. Semua menggunakan jalan yang sama dengan ukuran yang tidak terlalu lebar. Al hasil gambaran seperti dalam video di atas menjadi pemandangan jamak yang dilihat sehari-hari di Kota Istanbul. Tertarik tinggal di kota ini?

Buenos Aires, Argentina

Buenos Aires adalah surga belanja wisatawan dunia dimana di dalamkota ini terdapat deretan toko-toko sepatu, kios fashion dan tempat perbelanjaan lainnya. Tapi apa boleh dikata jika dalam waktu yang bersamaan Buenos Aires juga menjadi kota yang mempunyai lalu lintas terburuk di Argentina bahkan dunia.

Apakah hal ini ada kaitannya dengan ledakan jumlah kendaraan? Masalah lalu lintas di Buenos Aires ini lebih disebabkan karena minimnya kesadaran pengemudi untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Banyak pula pengemudi yang suka nyetir ngebut dan ugal-ugalan yang menyebabkan angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas di sana sangat tinggi. Kondisi sebagian besar jalan di kota tersebut juga bisa dijadikan kambing hitam lantaran tidak adanya pembatas jalan yang memisahkan ruas jalan yang berlawanan.

Bangkok, Thailand

Thailand adalah rajanya pariwisata Ais Tenggara. Puluhan juta wisatawan dari berbagai negara silih berganti mengunjungi negara ini setiap tahunnya. Salah satu pusat keramaian yang menjadi jujugan turis adalah Kota Bangkok. Sayang beribu sayang, kota yang menjadi magnet kuat kunjungan wisatawan ini juga mempunyai masalah dengan lalu lintas. Bangkok tercatat sebagai salah satu kota dengan lalu lintas terburuk di Planet Bumi.

Jumlah kendaraan yang mengaspal di jalanan kota ini sudah melebihi kapasitas semestinya dimana seharusnya jalan-jalan di Kota Bangkok hanya melayani 2 juta kendaraan per hari fakta di lapangan menunjukkan angka yang mencengangkan, ada sekitar 5 juta kendaraan bersliweran di jalanan Bangkok setiap harinya. Pada jam padat kemacetan pun tidak dapat dihindari, parahnya lagi ditambah dengan suhu udara yang panas karena posisi Thailand berada di iklim tropis. Mereka yang terjebak macet di dalam kendaraan sama saja seperti dipanggang.

Roma, Italia

Roma dianggap sebagai salah satu kota paling romantis di dunia. Itulah sebabnya mengapa hampir setiap hari jalanan kota ini selalu ramai dilewati turis asing dari berbagai negara. Apalagi di jantung kota tersebut berdiri pusat gereja Katolik yang menjadi pusat ziarah umat Kristiani di seluruh dunia. Namun segala hal yang keren tersebut ternyata terselip kisah kelam yang tidak banyak orang ketahui.

Lihatlah tayangan mengenai keadaan lalu lintas di Kota Roma pada video di atas. Lalu lintas di kota ini sangat buruk, terlihat bahwa banyak pengemudi yang tidak mengindahkan tanda-tanda dan peraturan lalu lintas. Jangan heran jika menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2006, kota ini menjadi salah satu kota dengan tingkat kecelakaan lalu lintas tertinggi. Pada tahun itu terjadi 21 ribu kecelakaan, 28 ribu orang terluka dan 230 lainnya meregang nyawa di jalanan. Ada yang mau tinggal di salah satu kota di atas?