Mudah Marah? Awas, Mungkin Ada Parasit Di Otakmu!

Marah adalah sifat alamiah manusia untuk mempertahankan diri dalam menghadapi suatu kondisi. Setiap orang pasti pernah mengalami marah karena pemicu tertentu. Tiap kemarahan erat kaitannya dengan kondisi sakit hati karena sesuatu.

Namun, jika kemarahan itu sudah di luar kewajaran akan mempengaruhi tekanan darah. Dalam psikologi, keadaan terlalu sering marah disebut Intermitten Explosive Disorder (IED). Orang yang mengalami kondisi ini memiliki ledakan emosi agresif baik verbal maupun fisik.

327EED9B00000578-3506397-image-a-38_1458752380115

[ Image Source ]

Parasit Pada Otak

Jika kamu mengalami keadaan mudah marah, patutlah curiga jika ada parasit di otakmu.  Adanya infeksi  Taxoplasma Gondii diketahui mampu mempengaruhi perilaku organisme. Selain itu, adanya parasit ini juga erat kaitannya dengan gangguan Skizofrenia dan Bipolar. Sayangnya, parasit ini sulit sekali dibunuh.

toxoplasma-gondii-

Parasit Pada Otak [ Image Source ]

Sebuah penelitian yang dilakukan Emil Caccoro di Universitas Chicago membuktikan bahwa erat kaitan Taxoplasma Gondii  dengan tingkat agresifitas. 385 orang dewasa telah diambil sampelnya untuk dikelompokkan menjadi tiga bagian. Kelompok pertama yang mengalami IED, yang kedua keadaan jiwa yang lain, dan kelompok terakhir yang tidak mengalami kondisi apapun. Dari hasil penelitian. orang yang terinfeksi Taxoplasma Gondii memiliki tingkat kemarahan yang lebih tinggi.

Penularan

Parasit ini pada awalnya berasal dari organisme lain seperti tikus, kucing, babi atau domba. Penularannya sendiri terjadi saat mengkonsumsi daging mentah atau kurang matang. Kebiasaan tidak mencuci tangan dan air yang terkontaminasi juga menjadi jalan bagi parasit ini. Taxoplasma Gondii  dipercaya telah tinggal pada 60% manusia.

life-cycle-toxoplasma-gondii_thumb3

[ Image Source ]

Namun, masih banyak orang yang menerapkan gaya hidup sehat dan masih tergolong memiliki emosional tinggi. Hal itu karena tidak semua orang pemarah berarti terinfeksi Taxoplasma Gondii . Bisa jadi itu sifat dasar yang tempramen.