China Bangun Patung Terberat di Dunia Mengalahkan Patung Liberty

patung besar di china

China bukan hanya terkenal meniru berbagai produk atau kota-kota di dunia saja. Namun negara ini memang punya kemampuan luar biasa dalam bidang konstruksi. Seperti proyek yang sedang dikerjakan di Kota Jinzhou, sebuah patung raksasa yang akan memecahkan rekor patung terberat di dunia sedang dalam tahap proses pengerjaan. Konon berat patung yang mereka buat 6 kali lipat berat patung Liberty di Amerika Serikat.

Pemerintah China sedang menjalankan proyek besar dengan membangun patung dari tokoh pahlawan perang bernama Guan Yu di pusat Kota Jinzhou, Provinsi Henan. Patung itu memiliki bobot enam kali lipat Patung Liberty. Jika patung kebanggaan Amerika hanya memiliki berat sekitar 200-an ton maka patung ini memiliki bobot 1.200 ton.

patung besar di china
patung besar di china [via]
Patung Guan Yu menjulang setinggi 50 meter. Patung tersebut bukanlah patung raksasa Guan Yu pertama yang dibangun di daratan China. Seperti dilansir Travelingyuk dari Daily Mail, patung serupa pernah dibangun pada tahun 2009 di kota kelahiran sang tokoh yaitu di Shanxi. Ukurannya lebih tinggi yakni 61 meter namun bobotnya lebih ringan dibanding patung yang baru ini.

patung dari kejauhan
patung dari kejauhan [via]
Merunut sejarah China, Guan Yu adalah jenderal perang Negara Shu pada masa Tiga Kerajaan. Ia hidup pada rentang tahun 160-219 masehi. Ia dikenal sebagai sosok yang setia pada teman-teman dan sangat lihai dalam medan pertempuran sehingga ia dianggap sebagai Dewa Perang dan disembah sebagai Kwan Kong.

Tidak lama lagi patung raksasa Guan Yu akan menghiasi Kota Jinzhou dan menjadi tengara yang begitu kontras dengan bangunan di sekelilingnya. Keberadaannya sendiri bakal menjadi kebanggaan warga kota dan yang pasti akan menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi traveler.