Inilah 7 Kota dengan Pengelolaan Terpandai di Indonesia. Kotamu Ada?

Batam [ image source ]

Sebuah kota dikatakan pandai jika memiliki pelayanan publik yang baik, infrastruktur yang terencana dengan matang, banyak memiliki tempat pendidikan, sarana transportasi yang inovatif, dsb. Beberapa kota di Indonesia sudah masuk ke dalam kriteria di atas. Bahkan ada yang mendapatkan penghargaan dari luar negeri. Prestasi seperti sudah selayaknya diketahui banyak orang, agar kota lain juga ikut belajar menjadi lebih pintar.

Boombastis telah merangkum berbagai sumber dan mempertimbangkan kriteria-kriteria yang ada dan mengambil tujuh kota terbaik di Indonesia. Mari kita simak bersama-sama, dan adakah kota anda di dalam daftar ini?

Bandung

Tidak bisa diragukan lagi jika Bandung adalah salah satu kota paling pandai di Indonesia, bahkan dunia. Reformasi besar-besaran yang dilakukan oleh wali kota aktif “Ridwan Kamil” sangat fantastis. Bandung berubah menjadi kota yang memiliki banyak sekali fasilitas publik yang inovatif. Bahkan untuk masalah pelayanan masyarakat pun mulai menggunakan gadget agar lebih gampang.

Bandung [ image source ]
Bandung [ image source ]

Apa yang dilakukan oleh Bandung benar-benar menjadi sorotan orang Indonesia. Apalagi Ridwan Kamil juga suka membagi apa saja ke akun media sosialnya. Setiap ada rencana ia pun selalu membukanya ke khalayak ramai. Dengan keterbukaan seperti ini, Bandung memang layak dijuluki kota yang pandai di Indonesia.

Jakarta

Sebagai Ibu kota dari Indonesia, Jakarta sudah selayaknya dijuluki sebagai kota yang pandai. Jakarta memiliki banyak sekali proyek transportasi yang nantinya akan digunakan untuk angkutan massal. Jakarta juga merupakan pusat perdagangan di Indonesia, banyak sekali perusahaan besar berada di sana. Bisa dibilang Jakarta adalah jantung dari Indonesia.

Jakarta [ image source ]
Jakarta [ image source ]

Pelayanan publik di Jakarta sudah mulai berbenah. Apalagi dengan gubernur aktif yang dikenal sangat radikal dalam banyak hal. Terlepas dari segala skandal yang ada. Saat ini Jakarta sudah menjelma menjadi kota yang bisa apa saja. Di tempat ini semua orang bisa mendapatkan apa saja termasuk pendidikan tinggi yang sangat hebat.

Surabaya

Surabaya adalah kota paling pandai selanjutnya setelah Bandung dan Jakarta. Saat dipimpin oleh Bu Risma, kota ini bertransformasi menjadi lebih baik. Fasilitas publik dibenahi, taman-taman banyak dibangun hingga membuat Surabaya sering memperoleh Adipura. Seperti halnya Jakarta, Surabaya juga kota perdagangan di Indonesia. Bahkan barang-barang yang akan di bawa ke Timur Indonesia selalu berpusat di wilayah ini.

Surabaya [ image source ]
Surabaya [ image source ]

Salah satu terobosan besar yang dilakukan oleh Surabaya adalah menutup lokalisasi Dolly yang konon terbesar di Asia Tenggara. Wali kota Surabaya yang aktif sekarang benar-benar ingin membuat Surabaya menjadi kota yang nyaman dihuni,fasilitas publik baik, pendidikan terjamin, dan banyak warga mendapatkan pekerjaan yang layak. Prestasi ini sudah cukup digunakan untuk menyebut Surabaya sebagai kota yang pandai.

Yogyakarta

Tidak bisa dimungkiri lagi jika Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar. Di kota ini, berdiri banyak sekali kampus yang sangat hebat, salah satunya adalah UGM. Selain banyaknya kampus di kota ini, saat ini Yogyakarta juga berbenah dalam masalah transportasi. Kota ini memiliki semacam busway yang lebih terstruktur dari bus biasanya.

Yogyakarta [ image source ]
Yogyakarta [ image source ]

Selanjutnya Yogyakarta juga merupakan kota yang kaya sekali dengan budaya. Wisata sejarah ada di mana-mana hingga membuat banyak orang ingin segara mengunjunginya. Menjadikan Yogyakarta sebagai salah satu kota terpandai di Indonesia bukanlah hal yang berlebihan.

Medan

Medan adalah pusat perdagangan yang berada di Pulau Sumatra. Bisa dibilang, Medan adalah Jakarta milik Sumatra. Medan adalah kota yang terus melakukan inovasi-inovasi dalam bayak hal. Mulai dari tata ruang kota hingga meningkatkan pariwisata hingga banyak sekali turis luar negeri yang masuk ke Kota Medan.

Medan [ image source ]
Medan [ image source ]

Dalam pengembangan kota, Wali Kota Medan juga melibatkan masyarakat banyak. Transparansi masalah dana dan juga pengembangan kota membuat Medan mendapatkan penghargaan sebagai kota inovatif di Indonesia. Jika perkembangan ini terus dilakukan bukan tidak mungkin Medan akan mengungguli Surabaya, bahkan Jakarta dan Bandung.

Batu

Bisa dibilang hampir semua bagian dari Kota Batu adalah tempat wisata. Taman bermain di kota ini jumlahnya tak hanya satu saja. Bahkan wisata malam pun seperti tiada habisnya. Batu adalah surga bagi siapa saja yang mendambakan pengalaman berwisata yang lengkap tanpa harus pergi ke banyak tempat secara terpisah.

Batu [ image source ]
Batu [ image source ]

Menjuluki kota ini sebagai kota pandai sepertinya bukanlah hal yang berlebihan. Di kota ini, hampir semua penduduknya kreatif. Ada yang membuat sebuah desa wisata, agrowisata, hingga sebuah parkiran pun disulap menjadi sebuah food court elegan lengkap dengan pemainan-permainannya. Pergi ke Batu satu hari saja tidak akan membuat anda menjadi puas.

Batam

Batam adalah kota industri paling besar di Indonesia. Di tempat ini, barang-barang dari dan ke luar negeri singgah untuk sementara. Lalu lintas perdagangan dunia inilah yang membuat Batam menjadi kota dengan perkembangan yang sangat pesat. Bahkan bisa dibilang paling cepat di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Batam [ image source ]
Batam [ image source ]

Kemajuan yang dialami oleh Batam sudah sepantasnya membuat kota ini dijuluki sebagai kota pandai di Indonesia. Ke depannya jika kota ini terus berbenah, bukan tidak mungkin jika kota ini akan menjadi salah satu kota paling makmur di Indonesia.

Inilah tujuh kota paling pandai di Indonesia. Daftar di atas bisa saja berubah setiap waktu mengingat kota lain juga terus berkembang di Indonesia. Anyway, adakah kota dari sobat Boombatis tertulis di atas?