5 Cara Menghindari Penipuan Jual Beli Online, Wajib Baca!

Teknologi yang semakin maju memang jadi lahan subur bagi pebisnis jual beli. Pengguna sosial media yang makin menjamur menjadi target pemasaran yang empuk. Hanya bermodalkan internet, dengan mudah bisa memasarkan barang dagangan mereka.

Makin mudahnya berdagang via online rupanya juga membuka jalan bagi para kriminal. Berkedok online shop, mereka meraup keuntungan tanpa modal sepeserpun. Parahnya, karena berbasis online, pelaku juga lebih sulit ditemukan meski kita sudah melapor pada pihak berwajib. Nah, ada baiknya mencegah agar kita tidak sampai jadi korban para pelaku online shop yang tidak bertanggung jawab itu dengan 5 cara ini.

Hindari Harga Miring

Harga murah memang kerap kali bikin kita tergiur. Tapi untuk kasus belanja online, baiknya kamu harus curiga dengan harga yang terlalu murah. Bisa jadi itu pancingan penipu agar lebih cepat mendapatkan mangsa.

Hindari harga miring [ Image Source ]
Hindari harga miring [ Image Source ]

Secara logika, semua pedagan menginginkan keuntungan. Dijual terlalu murah hanya membuat penjual rugi dan itu tidak masuk akal sekali. Kecuali kalau dia penipu pastinya.

Pilih Website yang Sudah Terkenal

Jeli memilih website adalah salah satu cara agar kita tidak tertipu saat belanja online. Pilih website yang sudah terkenal. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi kita untuk mendapatkan testimoni.

Pililah wabsite yang sudah terkenal [ Image Source ]
Pilih wabsite yang sudah terkenal [ Image Source ]

Kita juga bisa mendapatkan banyak info tentang online shop tersebut dari brosing. Kamu juga bisa tanya dulu sama orang-orang yang pernah belanja online di web tersebut. Setidaknya, untuk meyakinkan diri kalau online shop incaran kamu bisa dipercaya.

Pilihlah yang Menggunakan Rekening Bersama

Adanya perantara penjual dan pembeli memang mengurangi risiko adanya kecurangan. Adanya rekening bersama, uang yang ditransfer akan ditahan terlebih dahulu oleh pihak perantara. Setelah barang sampai ditempat kamu, barulah rekening bersama mentransfer ke pihak penjual.

Pilihlah yang Menggunakan rekening bersama [ Image Source ]
Pilihlah yang Menggunakan rekening bersama [ Image Source ]

Rekening bersama cukup aman bagi pembeli. Jadi, jangan malas untuk mencari tahu lebih banyak soal toko online kalau ingin belanja. Ada kalanya kepo itu perlu.

Istilah ini sedang populer di Kaskus. Cara jual beli ini cukup aman, karena antara penjual dan pembeli melakukan janji untuk bertemu di suatu tempat.

pembelian_5
Cast On Demand [ Image Source ]

Jika penjual menolak untuk melakukan COD (Cast On Demand) maka kamu pantas curiga kalau dia penipu. Bisa jadi si penjual takut kedoknya terbongkar. Segera cari toko online lain saja.

Simpan Bukti Percakapan dan Pembayaran

Simpan bukti pembayaran dan semua obrolan kamu dengan si penjual. Ini cuma langkap antisipasi. Takutnya kalau barang pesanan kamu tidak sampai tujuan.

trfbca_zps17eaebf3
Simpan Bukti Percakapan dan Pembayaran [ Image Source ]

Jika sesuatu yang tidak diinginkan sampai terjadi, setidaknya kamu punya bukti untuk melapor ke pihak yang berwajib. Dan masih ada kemungkinan uang kamu bisa kembali, kalau si penipu tertangkap pastinya.

Zaman memang serba praktis. Kerja bisa online, belanja bisa online. Kalau terus begini, di masa depan mandi pun bisa sistem online. Capek, deh. Ada baiknya kita nggak malas datang langsung ke toko. Selain menghindari penipuan, kita juga bisa maksimal memilih barang yang kita butuhkan. Benar, tho?