Langka! Restoran Beratap Rumput Buat Gembala Kambing

al johnson dari jalan raya

Salah satu cara pemilik restoran menarik pembeli adalah dengan cara mendesain restorannya dengan tema yang unik. Tapi pernahkah kalian tahu ada restoran yang atapnya digunakan untuk menggembala kambing? Inilah cara unik dan langka yang dilakukan restoran di Amerika, sang pemilik membuat atap rumput untuk digunakan menggembala kambing.

Tersebutlah sebuah restoran yang berumur sangat tua di Amerika Serikat. Restoran bergaya Skandinavia ini adalah milik pasangan Al Johnson yang dibangun pada tahun 1949. Tentu saja pemilihan arsitektur bergaya bangunan Skandinavia adalah untuk menarik orang-orang agar mau makan di restoran mereka. Ia membangun restoran yang cukup besar terdiri dari tiga rumah yang saling terhubung.

restoran al johnson
restoran al johnson [via]
Al Johnson tidak mengerjakan sendiri, sang istri turut memberikan sentuhan pada bangunan yang akan mereka jadikan lahan bisnis tersebut. Istrinya mendesain atap bangunan dengan menambahkan rumput asli. Setelah bangunan jadi, teman-teman Johnson kagum dengan arsitektur dan interiornya. Bahkan salah satu temannya menghadiahi seekor kambing yang kemudian diberi nama Oscar. Tidak diketahui alasan pemberian hadiah kambing tersebut yang pasti keluarga Johnson menerimanya dengan senang hati.

Selanjutnya teman-teman Johnson yang lain sering bercanda mengapa tidak menggembalakan kambingnya di atas pohon saja. Itung-itung buat menarik perhatian dan si kambing tetap bisa makan dari rumput yang ada di atap. Celetukan tersebut ternyata dituruti oleh Johnson dan menjadi awal terkenalnya usaha rumah makan yang ia rintis. Banyak orang yang datang penasaran ingin melihat kambing sekaligus makan di restoran. Singkat cerita restoran keluarga Al Johnson pun kian terkenal dan ramai dikunjungi tamu.

atap al johnson swedish restaurant
atap al johnson swedish restaurant [via]
Kini setelah puluhan tahun sejak pembangunannya konsep Skandinavia serta kambing di atas atap tetap dipertahankan oleh penerus restoran yang tidak lain adalah keluarga Johnson sendiri. Mereka tidak hanya membuat kambing menjadi alat untuk menarik perhatian namun juga merawatnya dengan baik. Kambing yang semula hanya satu yaitu Oscar kini bertambah menjadi 5-6 ekor. Kambing-kambing ini akan berada di atas atap mulai pagi hingga sore, setelah itu kambing akan dibawa kembali ke peternakan.

al johnson dari jalan raya
al johnson dari jalan raya [via]
Pemilik restoran yang sekarang juga memasang CCTV untuk mengawasi kegiatan si kambing meski selama berpuluh-puluh tahun tidak pernah terjadi insiden kecelakaan seperti kambing yang jatuh dari atap. Penasaran dengan restoran unik ini? Namanya adalah Al Johnson’s Swedish Restaurant. Alamatnya di desa Sister Bay di Wisconsin, bagian utara Amerika Serikat. Menu makanan yang dijual di sana adalah makanan khas Skandinavia dengan kisaran harga mulai 5-19 USD atau setara Rp 66 ribu sampai Rp 254 ribu. Mampir ke restoran ini kalau kamu liburan di Amerika dan buktikan keunikan restoran ini.