4 Negara di Asia yang Menjadi Pasar Rokok Buatan Indonesia

Mungkin banyak orang yang mengatakan bahwa rokok adalah sebuah produk yang sia-sia dan tidak dapat ‘berkiprah’ di luar negeri. Akan tetapi ada banyak produk rokok buatan dalam negeri yang menembus pasaran dunia, lho!

Ketidaksukaan seseorang terhadap rokok selain karena asapnya, juga dikarenakan penyakit yang dapat membuat jantung seseorang terkena penyakit dan kotor, walaupun orang tersebut bukanlah seorang perokok atau istilahnya adalah perokok pasif.

Namun, dipercaya atau tidak, rokok, cukai dan tembakau adalah salah satu penghasil devisa di Tanah Air. Bahkan perusahaan-perusahaan rokok juga menjadi salah satu solusi ketika banyaknya pengangguran dan pencari kerja.

Tidak hanya dipasarkan di dalam negeri saja, rokok buatan Indonesia juga ada yang berhasil tembus dunia internasional atau dijual di beberapa negara di dunia. Berikut beberapa negara yang menjadi pasar produk rokok made in Indonesia.

Malaysia

Tidak hanya di Indonesia saja, produk rokok keluaran Gudang Garam dan Djarum ternyata mampu menembus pasaran dunia. Salah satu contohnya saja, produk dari 2 perusahaan Indonesia ini sangat banyak diminati oleh orang-orang di negeri Jiran, Malaysia.

[1]
Malaysia [ Image Source ]

Tidak hanya itu saja, kabarnya di Malaysia juga sudah banyak rokok-rokok yang meniru kemasan sampai dengan nama produk dari Gudang Garam atau Djarum ini dan juga laris manis di pasaran, salah satunya bernama Gudang Baru yang memiliki kualtias hampir sama dengan produk Gudang Garam.

Jepang

Mungkin tidak ada banyak orang yang percaya bahwa produk dari Gudang Garam juga dijual di beberapa minimarket di Jepang. Walaupun kemasan, bentuk, kadar tar dan nikotinnya berbeda dari yang dijual di Indonesia, akan tetapi secara umum, produk rokok tersebut adalah berasal dari Indonesia yang disesuaikan dengan selera pasar Jepang.

[2]
Jepang [ Image Source ]

Tentu saja, harga yang dipatok untuk sebungkus rokok made in Indonesia itu berbeda dengan yang ada di Tanah Air.

Thailand

Selain Jepang, Thailand adalah salah satu negara Asia yang ternyata juga menjadi negara penjual rokok dari Indonesia. Walaupun hanya ada satu macam saja dan berasal dari pabrikan sama seperti yang dijual di Jepang atau Malaysia, yaitu Gudang Garam, namun setidaknya dapat menjadi pengobat rindu akan Tanah Air bagi mereka yang berasal dari Indonesia dan sedang berada di Thailand sekaligus seorang perokok.

[3]
Thailand [ Image Source ]

Untuk satu bungkusnya, harga rokok Indonesia di Thailand cukup mahal, yaitu dijual dengan harga di atas Rp 20 ribuan.

Singapura

Jika di Malaysia, Thailand dan Jepang, produk rokok yang dijual adalah rata-rata dari Gudang Garam, di Singapura justru berasal dari Sampoerna. Di negara tetangga Indonesia ini sangat sulit mencari rokok Indonesia merk lain karena hanya akan ditemui A Mild di berbagai toko atau mini market di Singapura.

[4]
Singapura [ Image Source ]

Dan, mungkin selain di Malaysia, Singapura, Thailand dan Jepang, masih ada beberapa negara lainnya yang juga menjadi negara pasar bagi produk rokok pabrikan Indonesia. Ada yang pernah menemuinya?