Alasan Yang Membuat Anda Mikir 1000x Sebelum Meminjam Uang Di Bank

Ada kalanya kita dihadapkan pada masalah yang sulit termasuk dalam hal dana. Misalnya kita sedang memulai usaha dan kekurangan modal. Memang saat ini banyak sekali bank negeri atau swasta yang menawarkan pinjaman. Namun sepertinya, orang saat ini cenderung enggan memanfaatkan itu.

Banyak alasan kenapa Anda enggan meminjam uang di bank. Dan hal itu mungkin bukan pemikiran Anda sendiri. Banyak orang yang berpendapat sama. Dan inilah beberapa alasan yang membuat orang berpikir seribu kali untuk meminjam uang di bank.

Bunga Terlalu Tinggi

Saat hendak meminjam uang di bank, hal pertama yang Anda tanyakan adalah berapa bunga pinjaman yang harus Anda bayar tiap bulannya. Jika prosentasenya terlalu tinggi, kemungkinan besar Anda keberatan.

Bunga-bank-riba

Harus ada banyak waktu untuk berpikir apakah bunga yang ditawarkan di bank tersebut masih dalam ukuran normal. Barangkali lebih cermat memilih bank juga bisa jadi solusi. Dan lebih aman jika Anda memilih bank negeri.

Merasa Syarat Terlalu Ribet

Anda ingin segera meminjam uang di bank. Namun bank yang bersangkutan menuntut syarat yang ribet dan bermacam-macam. Bank meminta KK, foto copy KTP, tanda tangan RT,  RW dan hal itu menurut Anda sangat ribet.

customer-service-bank-danamon[ Image Source ]

Itu membuat Anda memutuskan urung meminjam uang di bank. Tapi ketahuilah, jika bank negeri memang membutuhkan hal itu, setidaknya untuk mengantisipasi adanya tindak kecurangan dari peminjam.

Risiko Tidak Dapat Membayar

Karena merasa pendapatan Anda kecil, jadi tidak yakin jika Anda bisa membayar kredit rutin tiap bulannya. Bayang-bayang denda yang akan dibebankan jika terlambat bayar cicilan juga cukup mengganggu. Anda juga khawatir jika barang yang dijaminkan akan disita bank.

Syariah-Business-Coach-pinjam-uang-di-bank[ Image Source ]

Belum lagi momok menanggung malu akibat tidak sanggup membayar cicilan. Itulah sebab Anda lebih memilih aman dengan tidak meminjam uang di bank terlebih dahulu sebelum Anda yakin mampu melunasinya tanpa keberatan. Tapi, sebenarnya Anda tidak perlu merisaukan hal macam itu. Pilih saja pinjaman dengan jumlah yang tidak besar, sehingga Anda yakin dapat mencicilnya tiap bulan.

Reputasi Bank Jelek

Anda ingin meminjam dana di suatu bank dekat tempat tinggal. Namun Anda masih ragu karena takut jika bank tersebut melakukan kecurangan dalam transaksinya. Apalagi jika Anda mendengar rumor buruk tentang bank tersebut.

1002177bank-yunani780x390[ Image Source ]

Mungkin Anda lebih merasa was-was dan lebih memilih mundur. Hal itu memang tindakan yang tepat. Namun bukan berarti Anda tidak bisa memilih bank yang lain bukan? Masih banyak bank negeri yang amanah dan bisa dipercaya.

Belum Berpengalaman

Hal satu ini juga mempengaruhi minat untuk meminjam ke bank. Hanya karena Anda belum pernah meminjam dana, lantas Anda enggan melakukannya. Tak peduli meski sebenarnya sangat membutuhkannya.

BISNIS/PAULUS TANDI BONE MARGIB PERBANKAN: Seorang karyawati Bank BRI melayani nasabah di Makassar, Kamis (16/12). Hingga Juli 2010, rata-rata Net Interest Margin (NIM) perbankan mencapai 5,78%, naik 3,9% dari periode yang sama tahun lalu. Sedangkan NIM perbankan di Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam berada di bawah 4%.

[ Image Source ]

Sederhana saja, Anda hanya butuh bantuan orang yang pernah meminjam dana di bank. CS bank juga akan membantu Anda menjelaskan beberapa persyaratan yang dibutuhkan untuk meminjam uang. Jadi, tak perlu ada yang dirisaukan.

Kekhawatiran Dengan Hukum Riba

Beberapa orang merasa transaksi di bank tidak sesuai dengan hukum islam. Mereka didera rasa paranoid dengan adanya bunga. Dalam islam, bunga memang tidak diperbolehkan. Selain hukumnya riba, kebanyakan memang mematok bunga terlalu banyak.

Bank-Syariah[ Image Source ]

Dalam hal ini, Anda bisa memilih bank yang berbasis syari’ah. Beberapa bank negeri menyediakan sistim islami dan memegang hukum islam dalam transaksinya. Anda tak perlu khawatir lagi dengan masalah riba, karena pihak bank pasti sudah memperhitungkannya.

Jika Anda merasa sangat membutuhkan dana, tidak ada salahnya meminjam ke bank. Ada kalanya punya pinjaman di bank juga memotifasi untuk lebih giat bekerja agar segera bisa melunasi hutang. Yang dibutuhkan sebelum meminjam adalah selektif memilih bank. Usahakan yang memiliki reputasi baik, seuai syari’at dan tidak terlalu jauh dari tempat tinggal Anda.

 

 

One Comment

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *