Penemuan Bukti Sejarah Masa Lalu Dari Dalam Lautan yang Menggemparkan

Manusia telah lama ada dan tinggal di bumi. Jauh sebelum hari ini ada, nenek moyang manusia telah lebih dulu menikmati keindahan dunia sekaligus menjelajahi setiap sudut yang bisa mereka jangkau. Jejak-jejak sejarah bisa manusia temukan di situs arkeologi yang tersebar di seluruh dunia.

Cara yang paling gampang mengungkap kehidupan purba adalah dengan melakukan penggalian di situs-situs bersejarah. Kehidupan masa lampau akan terungkap dengan ditemukannya baik itu fosil rangka manusia, tumbuhan dan hewan hingga artefak yang menjelaskan kejadian sejarah. Lantas bagaiman dengan benda-benda bersejarah yang berada di dasar samudera? Berikut ada 5 penemuan menggemparkan yang ditemukan di dasar laut.

1. Port Royal, Kota Yang Terkubur di Dasar Laut

Banyak ilmuwan yang hingga kini masih penasaran dengan keberadaan negeri legendaris yang konon tenggelan di dasar laut bernama Atlantis. Namun pernah ada suatu negeri yang benar-benar tenggelam dasar laut yang dikenal dengan nama Port Royal. Tidak seperti Atlantis yang digambarkan sebagai negeri bak surga.

Port Royal adalah sebuah kota kuno dari abad ke-17 yang letaknya di Jamaika. Konon pada zamannya kota ini dikenal sebagai daerah yang dipenuhi dengan maksiat dan kehidupan hedonis. Port Royal adalah tempatnya bajak laut berpesta pora hingga akhirnya pada tanggal 7 Juni 1692 pukul 11.43 waktu setempat kota ini ditenggelamkan ke dasar laut setelah sebelumnya diguncang gempa bumi dahsyat. Banyak penemuan penting yang ada di kota bawah laut tersebut seperti yang terlihat dalam tayangan video di atas.

2. Candi Bawah Air di Dasar Danau Titicaca

Berada di pegunungan Andes antara Bolivia dan Peru, menghampar luas Danau Titicaca yang menjadi salah satu situs penting dimana bukti sejarah dan budaya terbesar tersimpan di dasarnya. Entah bagaimana sebuah kompleks candi tenggelam di dasar danau yang membawamanusia kembali pada peradaban manusia puluhan abad silam.

Danau Titicaca telah menjadi tempat bagi banyak mitos dan keyakinan agama. Ilmuwan banyak yang meyakini jika di dasar danau ini hidup sekelompok alien. Pada tahun 2000 dilakukan penyelaman dari sana ditemukan candi bawah air misterius yang diperkirakan telah berumur antara 1.000-1.500 tahun. Artinya peradaban yang terkubur umurnya lebih tua ketimbang zaman suku Inca.

3. Kapal Romawi Berumur Lebih Dari 2000 Tahun Ditemukan di Laut Antikythera, Yunani

Kapal karam miliki kerajaan Romawi telah ditemukan di lepas pantai Antikythera, Yunani. Kapal ini berada di kedalaman 55 meter di bawah permukaan laut. Setelah diteliti umur kapal tersebut diperkirakan sudah lebih dari 2.000 tahun.

Setelah berabad-abad tenggelam kapal tersebut ditemukan oleh ilmuwan yang menggunakan peralatan canggih untuk penyelaman di tahun 2015 lalu. Dalam misi tersebut ditemukan pula reruntuhan singgasana, keramik mewah dan juga sebuah mesin kuno yang diperkirakan sebagai mesin astronomi.

4. Kota Kuno Mesir Ditemukan Di Dasar Delta Nil, Laut Mediterania

Pada tahun 2000 seorang pendiri European Institute for Underwater Archaeology bernama Franck Goddio membuat penemuan penting di dunia arkeologi. Ia melakukan penyelaman di Delta Nil atau tepatnya di perairan Laut Mediterania.

Di sana ia menemukan hampir 250 artefak Mesir yang berkaitan dengan kota bawah air Canopus dan Thonis alias Heracleion. Penemuan ini memperkuat bukti bahwa kota kuno tersebut pernah berjaya sebelum akhirnya ditenggelamkan oleh bencana alam dahsyat di abad kedelapan.

5. Artefak Dari Kekasisaran Romawi

Pada bulan Oktober 2014 sebuah misi penyelaman dilakukan para ilmuwan di lepas pantai Italia. Dari misi tersebut ditemukan sisa-sisa kapal karam yang diidentifikasi milik kekaisaran Romawi sekitar 2000 tahun silam.

Awalnya keberadaan kapal ini sudah terdeteksi, namun setelah dilakukan penyelaman langsung para ilmuwan dibuat terperangah dengan isi kapal yang ada di luar ekspektasi mereka. PErahu tersebut berukuran panjang 15 meter yang diduga sebagai kapal militer atau kapal dagang. Yang pasti penemuan tersebut mengungkap sejarah tentang perdagangan di kawasan Mediterania beserta kehidpan di sana.