Kenapa Allah Memerintahkan Untuk Selalu Ikhtiar? Ini Alasannya

Dalam QS Al Hasyr ayat 18 disebutkan, “Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok, dan bertaqwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Ayat tersebut selain bermakna bahwa Allah memerintahkan kepada kita hambaNya untuk terus selalu berintrospeksi diri terhadap kesalahan dan apa yang telah dilakukan, Allah juga memerintahkan kepada kita untuk selalu berusaha atau berikhtiar dalam mengupayakan masa depan yang jauh lebih baik kelak. Karena Allah tak akan pernah merubah nasib suatu kaum (hambaNya), sebelum kaum tersebut merubah nasibnya sendiri. Untuk itu sebagai hamba Allah, kita harus taat dan selalu meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah, salah satunya dengan selalu mengupayakan masa depan lebih baik dengan ikhtiar.

Karena Ikhtiar Bisa Mendorong Kita Untuk Selalu Optimis

Sikap pesimis atau lemah harapan biasanya muncul jika seseorang tidak juga bergerak dan memilih untuk takut menghadapi resiko. Padahal belum tentu apa yang sedang atau akan diperjuangkannya itu akan gagal, bisa jadi memang Allah hendak menguji hambaNya dengan jalan perjuangan yang tak mudah.Dengan berusaha atau berikhtiar, sesungguhnya itu bisa mendorong manusia untuk terus optimis dalam menatap masa depan.

optimis-jalani-hidup-
Karena Ikhtiar Bisa Mendorong Kita Untuk Selalu Optimis [ Image Source ]

Seseorang yang terus memompa dirinya dengan semangat ikhtiar otomatis percaya bahwa dia bisa meraih apa yang sedang atau akan diperjuangkannya untuk masa depan itu, dan kepercayaan itulah yang membangkitkan sikap optimis pada dirinya.Sesungguhnya salah satu bentuk syirik kecil adalah termasuk sikap pesimis. Karena sikap pesimis tersebut sama dengan tidak percaya kepada Allah.

Karena Ikhtiar Harga Mutlak Perintah dari Allah SWT

Telah disebutkan dalam QS Al Jumu’ah ayat 10, “Apabila salat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah di bumi, carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak agar kalian beruntung”. Ayat tersebut menjelaskan kepada kita bahwa Allah memerintahkan kepada kita hambaNya untuk segera bekerja (ikhtiar) setelah kita menunaikan kewajiban kita kepada Allah untuk persoalan akhirat.

rezeki
Karena Ikhtiar Harga Mutlak Perintah dari Allah SWT [ Image Source ]

Allah memerintahkan hambaNya untuk tawazun atau seimbang dalam urusan hidup, tidak hanya mementingkan masalah akhirat terus dengan terus-terusan beribadah tapi lupa kewajibannya kepada keluarga dan umat manusia dalam dakwah. Pun sebaliknya, Allah sangat membenci mereka hambaNya yang terlalu rakus akan dunia namun melupakan urusan akhirat. Sehingga jelaslah bahwa ikhtiar harus selalu dilakukan oleh umat Islam, karena itu mutlak merupakan perintah dari Allah SWT.

Ikhtiar Menghindarkan Kita dari Sikap Malas

Semangat untuk terus maju, dengan jalan berusaha bekerja atau berikhtiar, maka tak ada lagi kesempatan bagi kita untuk bermalas-malasan dalam menjalani hidup ini. Yang ada dalam benar orang-orang yang selalu semangat berikhtiar adalah terus maju dan pantang meyerah atau tak mudah berputus asa.

menghilangkan-rasa-malas
Ikhtiar Menghindarkan Kita dari Sikap Malas [ Image Source ]

Ketika ada sedikit rasa malas, maka seseorang yang telah terbiasa untuk selalu optimis dan semangat dalam ikhtiar di kehidupan ini akan dengan mudah menepisnya. Karena dia telah memiliki sikap tanggung jawab dan disiplin yang tinggi, dan semakin kuat kepercayaannya bahwa dengan ikhtiar ( selain tentunya dibarengi dengan doa dan tawakal ), maka Allah pasti akan menjawab keinginan hambaNya tersebut.

Ikhtiar Memudahkan Seorang Hamba Untuk Tawakal kepada Allah SWT

Setelah ikhtiar dan doa yang tak pernah putus, hendaknya seorang hamba sadar bahwa hal yang harus dilakukannya adalah tawakal, yaitu ikhlas menyerahkan semua keputusan apapun itu di tangan Allah. Namun ternyata banyak orang yang masih belum mampu untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan ini. Ikhlas memang berat, bukan sesuatu yang mudah semudah dikatakan, karena kadang seseorang yang telah berjuang keras akan sangat terpuruk saat ternyata Allah belum mengabulkan keinginannya saat itu.

4616970210264652_10152232598091840_7403707188700578801_n-1
Ikhtiar Memudahkan Seorang Hamba Untuk Tawakal kepada Allah SWT [ Image Source ]

Padahal bisa jadi bahwa Allah menundanya atau bahkan menggantinya dengan yang lebih baik, karena sesungguhnya Allah memang selalu memberikan apapun yang terbaik bagi hambaNya. Nah, dengan ikhtiar yang sungguh-sungguh dan sadar bahwa yang dilakukan itu semata untuk menguatkan penghambaannya kepada Allah, maka seseorang yang senantiasa berikhtiar dalam hidup akan lebih mudah dalam menjalani tawakal atau ikhlas menerima segala keputusan Allah.

Itulah 4 alasan kuat mengapa kita sebagai umat Muslim wajib terus berikhtiar terhadap segala kebaikan di masa depan kelak dalam kehidupan ini. Karena seungguhnya apa yang kita inginkan dalam masa depan kelak tak bisa kita dapatkan hanya dengan berpangku tangan. Rezeki memang telah Allah tetapkan, namun rezeki juga tak akan datang begitu saja tanpa kita jemput terlebih dahulu. Betul bukan?