Wajib Tahu! Inilah Sifat Khas Yang Dimiliki Oleh Orang Madura

Apa yang Anda pikirkan jika menyebut suku Madura? Bayangan tentang celurit melayang atau kumis tebal di bawah hidung? Ya, itu mungkin tokoh-tokoh Madura yang biasanya Anda lihat di sinetron. Namun, kenyataannya, orang Madura tidak selalu punya kumis tebal. Dan lagi, mereka tidak selalu membawa celurit.

Madura memang salah satu entis yang cukup dikenal di Indonesia. Mungkin karena ciri khas mereka yang unik yaitu logat Madura. Namun selain logat yang kuat, ada beberapa hal yang identik dengan suku ini. Di antaranya sebagai berikut.

Memiliki Jiwa Pengembara Dan Pantang Menyerah

Anda pasti menemukan orang Madura di seluruh negeri ini. Tak hanya itu, di Negara tetangga macam Malaysia, Singapura pun pasti banyak ditemukan orang Madura. Orang Madura bisa berada di mana pun.Hal ini mungkin karena rasa tidak puas orang Madura terhadap tanah mereka yang dikenal tandus.

120917_st35_Upacara-hari-Jadi-pakaian-adat-pedalungan-dan-menggunakan-bahasa-madura-di-Probolinggo_Surya-Agus-Purwoko_-Peserta-upacara-4[ Image Source ]

Demi penghidupan yang layak, warga Madura tidak masalah meski harus meninggalkan kampung halaman. Dan hebatnya orang Madura, mereka tidak segan mengerjakan pekerjaan kasar, seperti buruh bangunan. Tapi, orang Madura banyak juga yang menjual sate, khas tempat asal mereka.

Orang Madura Sangat Ramah

Inilah yang patut diacungi jempol dari orang Madura. Meski logat dan cara bicara mereka lantang, nyaris seperti orang marah, tapi aslinya mereka sangatlah ramah. Mereka tidak akan tega melihat perempuan berjalan sendirian.

0[ Image Source ]

Jika Anda pendatang dan bingung mencari tempat menumpang, Anda tidak akan kesulitan menemukannya. Sebab, pasti selalu ada yang membukakan pintu untuk Anda singgah. Bukan hanya itu, mereka juga akan menjamu dengan baik. Bahkan memeberi makanan. Dan mereka tidak akan minta imbalan.

Madura Sangat Menghormati Orang Yang Dituakan

Yang dimaksud ‘dituakan’ di sini adalah, Kyai, guru ngaji, orang tua. Apa kata kyai adalah petuah bagi mereka. Dulu, pernah terjadi kasus Nipah. Saat pemerintah akan membangun waduk, pada saat itu KH. Alawi menolak dan mempertahankan tanah itu mati-matian.

221225_620[ Image Source ]

Karena tokoh yang mereka segani mempertahankan tanah, mereka semua pun mati-matian mempertahankannya. Saat itu, bahkan banyak sekali petani yang menjadi korban tembakan polisi dan tentara. Sungguh tragis.

Menjunjung Tinggi Harga Diri

Madura mempunyai harga diri yang tinggi. Mereka bahkan memiliki prinsip, “Lebih baik berputih tulang daripada berputih mata”. Itulah sebab tak boleh ada yang menginjak harga diri mereka, atau celurit yang bakal jadi jalan keluar.

1[ Image Source ]

Hal yang bisa mengganggu harga diri mereka bisa berupa tanah atau istri. Jangan pernah merebut tanah milik orang Madura dengan cara licik jika tidak mau dilempar celurit. Hal itu juga berlaku kalau Anda berani mengusik istri orang Madura.

Suka Pesta, Terutama Pesta Pernikahan

Orang Madura suka pesta, apalagi yang berhubungan dengan penyambutan haji.  Acara pernikahan juga pasti digelar dengan begitu mewah, bagi yang mampu, pasti memotong sapi. Biaya pesta juga begitu besar, namun sepenuhnya ditanggung oleh keluarga pemilik hajat tentu saja.

sandra[ Image Source ]

Namun dari sana, rasa kekeluargaan mereka makin terlihat. Saat menghadiri pesta, mereka pasti menggunakan pakaian terbaik mereka, tak lupa semua perhiasan mereka. Hehe…

Yang jelas, orang Madura tidak hanya melulu tentang celurit dan kumis lebat. Orang Madura itu kaya. Kaya tradisi, kaya budaya, dan kayaknya Anda harus banyak belajar dari orang Madura agar bisa memiliki jiwa petualang seperti mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *