Waspadalah! Inilah 6 Sikap Istri yang Amat Dibenci Oleh Allah SWT

Sebagai seorang wanita, entah yang sudah menikah maupun yang akan menikah, persiapan tentang ilmu menjadi seorang istri memang perlu disipakan sejak jauh-jauh hari.Islam sangat melindungi perempuan, perempuan sangat istimewa di dalam Islam. Oleh karena itu, sebagai seorang wanita setiap muslimah harus memahami bahwa apapun yang telah Allah haruskan bagi muslimah lakukan bukan sebagai bentuk pengekangan namun sebagai bentuk pengistimewaan tersebut.

Contohnya perintah berjilbab atau menutup aurat. Wajib bagi semua muslimah yang telah dewasa atau baligh untuk menutup auratnya dengan jilbab agar melindunginya dari godaan syetan maupun syetan dalam bentuk manusia ataupun fitnah dunia.Perintah berjilbab ini wajib dan harus ditunaikan. Sehingga baik muslimah yang merasa dirinya sudah baik maupun belum, selama dia telah dewasa atau baligh, maka wajib bagi dirinya menutup aurat.

Lihatlah! Bukankah begitu banyak nikmat dari jilbab ini. Selain menunjukkan identitas kita sebagai seorang muslimah, membedakan kita dengan orang non muslim, juga tentunya melindungi kita dari godaan syetan, manusia jahat, maupun fitnah.Begitupun dengan adab-adab sebagai orang istri. Wajib hukumnya bagi seorang muslimah untuk berbakti dan taat pada suaminya.Karena suaminya adalah orang yang telah mengambil sumpah kepada Allah lewat akad nikah untuk menanggung istrinya dunia akhirat, bertanggung jawab atasnya, dan anak-anak kelak.

Maka bisa kita bayangkan, betapa berat tugas suami, selain membanting tulang mencari nafkah, masih banyak tanggung jawab yang harus dia tunaikan kepada istri dan anak-anaknya. Allah sangat membenci para wanita, para istri, yang mendurhakai suaminya. Salah satunya dengan 6 sikap yang saat ini semakin sering ditemui pada para Istri. Apa sajakah itu?

1. Berkeluh-kesah

Memang tugas istri itu berat. Belum lagi jika ditambah dengan tugas sebagai seorang ibu. Belum lagi juga jika dia adalah seorang wanita karier. Jika memang sudah keputusannya menikah, memiliki anak, dan sambil bekerja, harusnya seorang muslimah yang percaya bahwa Allah Maha Pemurah, pasti sangat yakin bahwa takdir yang Allah tuliskan untuknya ini yang terbaik.

1111111
Berkeluh-kesah [ Image Source ]

Setiap kesulitan selalu ada penolong atau jalan keluarnya. Memang tugas ebagai istri, sekaligus ibu, itu tak mudah, tak ringan, karena bayaran keikhlasan terhadapnya juga tak main-main, yaitu syurga! Jadi jangan pernah sesekali muslimah yang telah menjadi seorang istri maupun ibu memiliki sikap suka berkeluh-kesah, apalagi jika yang dikeluhkan adalah suami yang notabene adalah imamnya.

2. Suka Mengungkit Masa Lalu dan Kesalahan Suami

Pastinya suami itu dahulunya pernah punya masa lalu, dan setiap orang juga tak pernah luput dari khilaf. Bukankah kita sebelum bertemu dengan suami juga pasti pernah punya masa lalu? Jika Allah saja Maha Pengampun, mengapa kita sebagai hamba yang sama sekali tak ada apa-apa di hadapanNya itu tak mau sedikit pun menguraikan kata maaf?

amarah_20150729_143440
Suka Mengungkit Masa Lalu dan Kesalahan Suami [ Image Source ]

Kebiasaan suka mengungkit masa lalu dan kesalahan suami, selain membuat suami semakin hilang rasa simpati kepada kita, juga bisa memicu pertengkaran. Sebenarnya juga sama sekali tak ada untungnya, karena masa lalu itu sudah berlalu. Kalau toh suami pernah berbuat dosa besar, bukankah dia sudah bertaubat dan berusaha menjadi baik bersama dengan kita di masa depan ini?

3. Membanding-bandingkan Suami

Siapapun orangnya pasti sangat tidak suka jika dibanding-bandingkan. Begitupun dengan suami. Apalagi jika dia dibandingkan dengan masa lalu istri, atau bahkan seseorang yang hanya sebatas teman istri tersebut.

ilustrasi-istri-durhaka-kepada-suami
Membanding-bandingkan Suami [ Image Source ]

Jangan sampai kita memancing kecemburuan suami karena hal-hal yang dilaknat Allah. Sebagai seorang wanita, sebagai seorang istri, muslimah harus mampu untuk menjaga harga diri dan amanahnya kepada suami dan Allah SWT.

4. Suka Bersolek

Sebenarnya bersolek atau mempercantik diri itu sangat boleh bagi seorang istri, namun sangat diperbolehkan bahkan dianjurkan jika untuk membuat suaminya tambah cinta padanya, sehingga harusnya dilakukan hanya di depan suaminya.

wanita-berdandan
Suka bersolek [ Image Source ]

Bukan justru dia bersolek untuk menarik perhatian banyak orang, bahkan sampai kebiasaannya itu membuatnya terlena, lupa waktu, dan akhirnya malah melupakan tugasnya sebagai seorang istri dan ibu.

5. Memaksakan Kehendak Kepada Suami

Jangan sampai seorang muslimah yang telah menjadi istri memaksakan kehendaknya kepada suami. Ingin ini dan itu seenak hati tanpa memikirkan apakah suaminya mampu memenuhinya atau tidak.

suami-nganggur-5666690d939373e5102a57d6
Memaksakan Kehendak Kepada Suami [ Image Source ]

Istri itu diciptakan sebagai pendamping, pelengkap, dan penguat sosok suami dalam menjalani kehidupan. Bukan malah sebagai pemberat langkahnya atau menjerumuskannya dalam lubang dosa yang dilaknat Allah.

6. Suka Bergosip

Bergosip atau berghibah yang membuka aib orang lain adalah perbuatan dosa yang sama saja seperti memakan bangkai orang lain. Menjijikkan sekali bukan? Bahkan pun dengan orang lain maupun suami, membuka aib orang lain, terlebih suami sama saja dengan memakan bangkainya, dan Allah sangat melaknat hal tersebut.

47-jam-durasi-terlama-wanita-untuk-tidak-bergosip
Suka bergosip [ Image Source ]

Nah, itulah tadi 6 hal yang sangat Allah benci dan harus seorang istri hindari. Sebenarnya bukan hanya istri, namun semua umat Muslim, karena sesungguhnya perbuatan-perbuatan tersebut dapat menjerumuskan manusia pada neraka jahanam. Na’udzubillah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *