7 Film Superhero Indonesia Ini Nggak Kalah dari Jagoan Luar Negeri

Mungkin Anda lebih mengenal Superman, Spider-Man, Batman hingga The Avengers karena karakter superhero-superhero tersebut sudah banyak dibuatkan versi komik, kartun hingga film layar lebarnya. Namun tahukah bahwa Indonesia juga memiliki jagoan-jagoan super yang tak kalah keren, lho!

Ada banyak sekali jagoan-jagoan super asli Indonesia yang pernah dibuat oleh komikus Tanah Air, seperti Godam, Walet Merah hingga Kapten Melar. Sayangnya, hanya sedikit dari mereka yang dibuatkan filmnya dalam format live action.

Untuk lebih mengenal superhero Indonesia, berikut ini adalah jagoan-jagoan super Tanah Air yang sudah pernah ditayangkan atau akan rilis baik di televisi dalam bentuk sinetron atau versi layar lebar.

1. Saras 008

Film bertemakan superhero yang ditayangkan di salah satu stasiun TV swasta Indonesia ini sangat populer di kalangan anak-anak era 90-an. Hal ini dikarenakan Saras 008 adalah film superhero Tanah Air yang pertama kali ditayangkan di televisi setelah sekian lama hanya diisi oleh karakter jagoan super dari luar negeri.

 [image source]
Saras 008 [image source]
Ciri khas dari pahlawan super wanita ini adalah pakaiannya yang selalu didominasi warna hitam dan putih. Dalam setiap aksinya, Saras selalu melawan anak buah dari musuh bebuyutannya, yaitu Mr Black bersama 2 kaki tangannya yang bernama Bil dan Bul.

2. Panji Manusia Milenium

Panji Manusia Milenium adalah film seri layar kaca yang disiarkan sekitar era tahun 2000-an. Karakter superhero satu ini diperankan oleh artis terkenal Indonesia, yaitu Primus Yustisio. Layaknya Superman, Panji juga mempunyai beragam kekuatan super, seperti kebal senjata, kecepatan yang tak dapat ditandingi manusia biasa sampai dengan dapat mengeluarkan api.

 [image source]
Panji Manusia Milenium [image source]
Superhero yang selalu memakai topeng ini memang tidak memiliki misi khusus, namun di setiap episodenya, dia harus menyelamatkan nyawa seorang wanita yang diperankan oleh Tia Ivanka dari musuh bebuyutannya yang bernama Donclo.

3. Gerhana

Bagi generasi era 1990-2000 an pastinya masih ingat akan satu sinetron bertemakan superhero bernama Gerhana. Sang jagoan super Tanah Air ini memiliki kekuatan hebat karena pada saat lahir, gerhana bulan total sedang terjadi dan ada unsur-unsur dari orbit bumi ini yang memasuki tubuhnya dan membuatnya menjadi kuat serta memiliki kemampuan yang tidak dipunyai manusia biasa, seperti membuat orang terpental hanya dengan memandangnya saja, berlari cepat sampai dengan mengangkat barang dengan bobot puluhan kilo.

[3]
Gerhana [image source]
Musuh bebuyutan Gerhana adalah seorang pria bernama Poltak, Si Raja Minyak dari Medan. Sayangnya, film seri Gerhana yang ditayangkan di salah satu televisi swasta Tanah Air ini hanya diputar dalam beberapa episode saja.

4. Bima Satria Garuda

Kesatria pembela kebenaran bernama Bima Satria Garuda ini adalah pahlawan super yang ditayangkan di televisi swasta sejak tahun 2013 lalu. Walaupun dikatakan sebagai sosok superhero Tanah Air, namun jalan cerita sampai dengan kostum yang dikenakannya mirip dengan yang biasa dipakai oleh jagoan super dari Jepang, yaitu Ksatria Baja Hitam. Dan, film superhero ini masuk dalam kategori tokusatsu atau live action super hero.

[4]
Bima Satria Garuda [image source]
Kesatria pembela kebenaran bernama Bima Satria Garuda ini adalah pahlawan super yang ditayangkan di televisi swasta sejak tahun 2013 lalu. Walaupun dikatakan sebagai sosok superhero Tanah Air, namun jalan cerita sampai dengan kostum yang dikenakannya mirip dengan yang biasa dipakai oleh jagoan super dari Jepang, yaitu Ksatria Baja Hitam. Dan, film superhero ini masuk dalam kategori tokusatsu atau live action super hero.

Cukup masuk akal kenapa kostum dan alur ceritanya mirip dengan yang ada di Negara Sakura tersebut karena pencipta serial Kamen Rider, Ishimori Production, membantu dalam proses pembuatan film Bima Satria Garuda ini. Oleh karenanya, selain kostum sampai alur yang digunakan, teknologi animasi modern juga banyak digunakan untuk membuat film satu ini menjadi lebih menarik.

5. Garuda Superhero

Garuda Superhero [image source]

Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak sineas dari Indonesia yang mempergunakan teknik-teknik pembuatan film modern, salah satunya adalah CGI. Salah satu bukti penggunakan teknik CGI, ada satu film bertemakan superhero lokal yang dinamakan Garuda Superhero.

[5]


Garuda Superhero memiliki misi untuk menyelamatkan Indonesia pada khususnya dan dunia pada umumnya dari teror yang dilakukan oleh Durja King dan ancaman asteroid raksasa yang akan menabrak bumi. Dalam pembuatannya, sang sutradara, X-Jo, membutuhkan waktu kurang lebih 10 tahun dan film superhero ini telah ditayangkan pada tahun 2015 lalu di bisokop Tanah Air.

6. Jagoan Instan

Selain memproduksi sinetron, Starvision juga mempunyai proyek pembuatan film layar lebar, yang salah satunya adalah film berjudul Jagoan Instan. Dalam film ini, karakter utamanya diperankan oleh Kemal Pahlevi seorang jebolan stand-up comedy Indonesia yang juga pernah berakting di film layar lebar lain berjudul Comic 8 Casino Kings.

[6]
Jagoan Instan [image source]
Seperti halnya Garuda Superhero, film garapan Fajar Bustomi ini juga menggunakan teknik CGI agar lebih membuat kesan ‘hidup’ atau layaknya kejadian nyata. Dalam film ini Kemal akan memerankan sosok Bumi yang akan menjadi seorang jagoan super secara instan setelah mendapatkan suntikan serum ke dalam tubuhnya. Tentu saja karena Kemal adalah salah seorang comic dan juga komedian, maka dalam film Jagoan Instan ini akan lebih banyak diisi oleh humor-humor yang siap mengocok perut penontonnya.

7. Gundala Putra Petir

Di tahun 2008 silam, sempat ada berita akan ditayangkannya film bertemakan jagoan super Indonesia yang terkenal lewat komiknya di era tahun 80-an, yaitu Gundala Putra Petir yang ternyata hanya hoax belaka. Akan tetapi, di tahun 2014 lalu, seorang sineas terkenal Tanah Air, Hanung Bramantyo, mengadakan konferensi press dan mengumumkan bahwa dia akan bekerja sama dengan beberapa pihak untuk membawa Gundala ke layar lebar. Kabarnya, film Gundala Putra Petir ini akan resmi tayang pada tahun 2016 ini.

[7]
Gundala Putra Petir [image source]

Dalam film tersebut diceritakan bahwa Sancaka atau pria yang menjadi Gundala tersbeut akan menghadapi teror global yang dilakukan oleh seorang tokoh antagonis bernama Pengkor. Selain mengganggu keamanan dunia, Pengkor juga memiliki misi untuk melakukan ‘pemberontakan’ terhadap Pemerintah Indonesia.

Selain 7 film bertemakan superhero di atas, ada 2 lagi film lain dengan genre sama yang kabarnya siap tayang di bioskop, berjudul Volt dan Valentine. Sayangnya, tidak banyak informasi mengenai film tersebut.

Nah, dari film-film bertemakan superhero yang sudah tayang atau yang siap edar tersebut menjadi salah satu bukti bahwa sineas Indonesia tidak kalah dengan para sutradara atau produser luar negeri. Bahkan karakter-karakter jagoan super Tanah Air ini juga siap bersaing dengan pahlawan super dari luar negeri yang sekarang ini populer tersebut.