Ajib! Ternyata Tebu Memiliki Banyak Sekali Manfaat Bagi Kesehatan

Gula adalah bahan dasar untuk pembuatan gula dan vitsin. Namun saat ini, air tebu juga banyak dijual sebagai minuman yang segar. Rasanya yang manis banyak disukai, terlebih anak-anak. Tak heran kalau es tebu banyak dijual di sekitar sekolah.

Di pinggir-pinggir jalan juga tak sulit dijumpai para penjual es tebu. Dan rupanya, di balik rasa tebu yang manis dan segar itu, rupanya banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Di antaranya adalah sebagai berikut

Menguatkan Sistem Imun

Air tebu rupanya sangat baik untuk memelihara dan memperkuat sistim kekebalan tubuh. Hal itu karena tebu mengandung zat sukrosa. Zat tersebut yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun. Jika Anda sering sekali terjangkit flu dan semacamnya, Anda bisa rutin mengkonsumsi tebu untuk memperbaiki daya tahan.

0[ Image Source ]

Karena rasa tebu yang manis, tentu saja anak-anak menyukainya. Jadi, tak sulit meminta mereka meminum air tebu. Anda tak perlu lagi susah payah membujuk mereka untuk minum vitamin.

Menguatkan Gigi dan Gusi

Indonesia sungguh beruntung memiliki iklim tropis. Itulah sebab begitu mudah ditemui pohon tebu di negara ini. Anda bisa memanfaatkan air tebu sebagai bahan dasar pembuatan minuman yang segar.

0[ Image Source ]

Dan tentu saja sembari mendapat manfaatnya, termasuk untuk menguatkan gigi dan gusi. Rupanya, cairan pada tebu selain berasa manis, juga bermanfaat untuk menguatkan gigi dan gusi. Caranya cukup mudah, campurkan air jeruk nipis dan garam ke dalam air jeruk nipis, dan minuman enak dan sehat itu siap dinikmati.

Bagus Bagi Penderita Diabetes

Penderita diabetes pada umumnya menghindari makanan dan minuman yang manis. Mengurangi gula adalah cara jitu untuk mengurangi kadar gula dalam darah. Tapi, jangan samakan gula dengan tebu. Ternyata, meski tebu adalah bahan dasar gula, tebu aman bagi penderita diabetes.

0[ Image Source ]

Bagi Anda para penderita diabetes, tak perlu lagi khawatir mengkonsumsi yang manis, asal jangan gunakan gula yang biasa. Anda bisa gunakan air tebu untuk mengganti pemanis saat memasak ataupun membuat minuman.

Mencegah Infeksi Lambung

Anda pasti sudah akrab dengan rasa air tebu yang manis itu, tapi taukah Anda apa manfaat tebu bagi lambung? Air tebu mengandung kalium yang tinggi. Kalium dibutuhkan untuk mengendalikan syaraf, sehingga kondisi tubuh akan tetap sehat.

0[ Image Source ]

Kalium dalam tebu rupanya memiliki banyak manfaat, termasuk mencegah infeksi lambung. Selain itu, air tebu juga bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan lainnya seperti diare dan sebagainya.

Anti Dehidrasi

Saat cuaca panas, cairan tubuh dengan mudahnya keluar melalui keringat. Risiko dehidrasi pun makin besar. Sebagai pencegah, Anda harus meningkatkan asupan mineral yang berasal dari air. Dan tebu pun memiliki mineral yang dibutuhkan tubuh Anda.

0[ Image Source ]

Selain mineral, tebu juga mengandung magnesium, mangan, kalium, zat besi dan elektrolit alami. Saat menenggak segelas air tebu, bukan hanya mengatasi rasa haus, tambahan energi pun pasti terasa, tubuh Anda pun terasa lebih bugar.

Tebu selain dikenal dengan rasanya yang manis, ternyata menyimpan banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Ternyata sesuatu yang manis tidak selalu merugikan. Kalau sudah tahu banyak manfaatnya, pasti membuat Anda makin yakin untuk sering-sering mengkonsumsi air tebu, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *