5 Negara Ini Menjadi Tempat Pelecehan Seksual Paling Parah

Pelecehan seksual yang berujung pada pemerkosaan adalah sebuah tindakan kriminal yang banyak terjadi di banyak negara di dunia. Meskipun beberapa negara tercatat memiliki angka pelecehan seksual dan pemerkosaan rendah bukan berarti di negara tersebut terbebas dari tindak kejahatan seksual ini, namun lebih kepada sedikitnya jumlah si korban yang melaporkan tindakan asusila tersebut.

Kasus pelecehan seksual dan pemerkosaan yang tinggi ditengarai karena gaya berpakaian korban (umumnya wanita) yang memakai pakaian mini. Akan tetapi banyak kalangan yang menilai banyak faktor lain yang melatarKebelakangi terjadinya tindak pemerkosaan tersebut. Hal yang miris tergambar dalam daftar negara paling tinggi tingkat kejahatan seksual berikut ini yang mana menempatkan banyak sekali negara maju di Eropa dan Amerika sebagai pengisi daftarnya.

Afrika Selatan, Negara Paling Tinggi Tingkat Pelecehan Seksual di Dunia

Dalam hasil survey terbaru didapatkan data bahwa tingkat pelecehan seksual dan pemerkosaan di Afrika Selatan adalah yang paling tinggi di dunia. Pada survey sebelumnya negara ini menempati peringkat kedua setelah Amerika Serikat namun dengan perkiraan jumlah kasus pemerkosaan sebanyak 500 ribu per tahun membuatnya naik peringkat ke urutan pertama.

1
Afrika Selatan, Negara Paling Tinggi Tingkat Pelecehan Seksual di Dunia [ Image Source ]

Medical Research Council bahkan memperkirakan jika hanya 1 dari 9 pemerkosaan yang dilaporkan ke polisi sehingga jumlah asli di lapangan diperkirakan jauh lebih mencengangkan. Meski sebagian besar korban pelecehan seksual dan pemerkosaan adalah perempuan tapi dalam data hasil penelitian juga terdapat 4% laki-laki menjadi korban pemerkosaan sesama lelaki dan 41 % adalah korban anak-anak di bawah usia 11 tahun. Sedangkan sisanya sekitar 50% adalah korban perkosaan di bawah umur 18 tahun.

Swedia, Negara Dengan Tingkat Pemerkosaan Tertinggi di Eropa

Negara berikutnya yang mengalami kenaikan rangking dalam hal tingkat pelecehan seksual dan pemerkosaan adalah Swedia. Sebelumnya negara ini berada di posisi tiga dunia dan kini beranjak satu step di peringkat dua di bawah Afrika Selatan. Hal ini merujuk pada terus meningkatnya jumlah laporan kasus perkosaan di negara tersebut. Yang mana pada tahun 1875 hanya terjadi 421 kasus per tahun dan pada tahun 2014 meningkat 1.472% menjadi 6620 kasus.

2
Swedia, Negara Dengan Tingkat Pemerkosaan Tertinggi di Eropa [ Image Source ]

Studi yang dilakukan oleh Dewan Nasional Swedia untuk Pencegahan Kejahatan di tahu 2013, menunjukkan bahwa ada sekitar 63 kasus pemerkosaan per 100 ribu penduduk yang dilaporkan ke polisi. Artinya 1 dari 4 wanita Swedia yang keluar rumah mengalami pemerkosaan. Sayangnya sebagian besar kasus perkosaan tersebut dilaporkan di daerah Stockholm dengan pelaku imigran Muslim. Banyak kalangan yang mengatakan bahwa Swedia adalah negara yang paling berbahaya untuk kaum wanita di Eropa.

Amerika Serikat, Negara Adikuasa yang Tak Luput Dari Tindak Pemerkosaan

Lebih mencengangkan lagi adalah kasus pemerkosaan yang terjadi di Amerika Serikat. Meski dalam beberapa tahun pemerintah setempat telah berhasil menekan jumlah pemerkosaan di negaranya hingga membuat rangkingnya turun di posisi tiga dunia namun masih banyak kasus yang terjadi baik di kawasan umum hingga di dalam penjara.

3
Amerika Serikat, Negara Adikuasa yang Tak Luput Dari Tindak Pemerkosaan [ Image Source ]

Menurut data Worldwide Sexual Assault Statistics yang dikeluarkan oleh George Mason University, 1 dari 3 wanita Amerika akan mengalami pelecehan seksual selama hidup mereka dan sekitar 19,3% wanita serta 2% pria telah diperkosa setidaknya sekali seumur hidup mereka. Kasus ini tidak hanya terjadi di tempat umum, di dalam penjara sekalipun banyak kasus pemerkosaan terjadi. Merujuk data dari National Inmate Survey, sekitar 216.000 tahanan diperkosa per tahun di Amerika Serikat. Ngeri ya!

Inggris dan Wales, Tujuan Wisata Populer Dengan Tingkat Pelecehan Seksual yang Tinggi

Inggris yang menjadi salah satu negara destinasi wisata terkemuka di Eropa ternyata juga menjadi sebuah negara yang cukup menakutkan bagi kaum wanita. Pasalnya negara ini menduduki posisi 5 bersama Wales sebagai negara dengan tingkat pelecehan seksual dan pemerkosaan tertinggi di dunia. Dari laporan yang berjudul “An Overview of Sexual Offending in England and Wales” rilisan tahun 2013 dari Menteri Kehakiman dan Kantor Statistik Nasional ada sekitar 85.000 korban pemerkosaan per tahun di Inggris dan Wales.

rape hist
Inggris dan Wales, Tujuan Wisata Populer Dengan Tingkat Pelecehan Seksual yang Tinggi [ Image Source ]

Jumlah tersebut diperinci dengan 73.000 korban perempuan dan 12.000 laki-laki. Artinya setiap hari negara tersebut menerima laporan sebanyak 230 kasus. Seangkan menurut laporan dari BBC di Inggris dan Wales terjadi peningkatan kasus pemerkosaan sebesar 29 persen dimana korbannya adalah anak-anak muda dengan rentang umur 13-18 tahun.

India, Negara Dengan Tingkat Pemerkosaan Tertinggi di Benua Asia

Kasus pemerkosaan di India memang sering kita dengar. Beberapa waktu lalu bahkan banyak diberitakan di media. Namun jika menilik ke lapangan, kasus pelecehan seksual dan pemerkosaan lebih parah lagi. Tingkat perkosaan di India menunjukkan tren peningkatan dimana pada tahun 2012 terjadi 24.923 kasus sedangkan setahun berselang jumlahnya menjadi 33.707.

sexual-harassment-at-workplace-660_120113015610
India, Negara Dengan Tingkat Pemerkosaan Tertinggi di Benua Asia [ Image Source ]

Kota-kota di India yang tidak aman bagi wanita adalah New Delhi disusul Mumbai, Jaipur, dan Pune. Secara keseluruhan setiap hari ada 93 perempuan diperkosa di India atau setiap 20 menit ada satu kasus pemerkosaan yang dilaporkan. Yang bikin geram kebanyakan kasus yang dilaporkan pelakunya adalah orang-orang yang dikenal korban mulai dari tetangga, teman, kerabat hingga orang tua. Berani tinggal di negara-negara dalam daftar di atas?