Mau Pulang Kampung? Simak Dulu 5 Tips Mudik Lebaran Ala PT. KAI

Sesaat lagi kita menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Bagi kamu para perantau, pasti sudah terpikir beberapa rencana untuk mudik, atau barangkali ingin berkunjung ke rumah orang tua, nenek atau kerabat lainnya.

Mudik adalah tradisi pulang kampung dalam rangka menyambung tali silahturahmi. Memanfaatkan libur panjang bersama kerabat terdekat pasti adalah momen yang paling ditunggu. Bagi kamu yang berencana mudik lebaran menggunakan sarana transportasi kereta, baiknya kamu simak dulu tips mudik ala PT. KAI berikut ini.

Teliti Saat Memesan Tiket Online

Kalau kamu melakukan pemesanan tiket secara online, usahakan agar koneksi internet stabil selama pencarian tiket ya. Ada baiknya kalau kamu browsing tata cara pemesanan tiket secara online, agar tidak ada satu prosedur pun yang terlewatkan.

0[ Image Source ]

Memesan tiket secara online memang praktis, tapi banyak hal kecil namun jika sampai terlupakan akan fatal akibatnya, misalnya saja lupa mencatat kode pembayaran. Padahal itu dibutuhkan saat proses pembayaran di ATM.

Pilih Jam Pemesanan dan Segera Lunasi Pembayaran

Beberapa jam setelah tiket dirilis, traffic pasti akan sangat penuh. Jika hal itu terjadi, cobalah memesan tiket pada jam-jam berikutnya.

0[ Image Source ]

Seringkali terjadi kasus pelanggan yang sukses memesan tiket pada jam pertama setelah tiket rilis justru kehilangan tiket tersebut karena terlambat melakukan pembayaran. Akibatnya, tiket yang dipesan pun hangus.

Pilih Rute Keberangkatan yang Lebih Senggang

Menjelang ramadhan, sudah bisa dipastikan beberapa stasiun dipadati oleh pemesan tiket. Terlebih saat hari keberangkatan, usahakan memesan tiket dengan rute keberangkatan yang persaingannya tidak terlalu ketat.

0[ Image Source ]

Jika kamu berada di Jakarta dan sekitarnya, kamu bisa memilih rute keberangkatan dari stasiun Gambir, karena tak sepadat stasiun Pasarsenen. Hal serupa juga berlaku di kota-kota lain.

Cari Alternatif Tiket Terusan

Carilah alternatif tiket terusan. Misalnya jika ingin menuju Semarang, dapat memesan tiket dengan rute Stasiun Pasarsenen – Stasiun Tegal untuk kemudian meneruskan dengan KA rute Tegal-Semarang.

0[ Image Source ]

Dengan begitu, kamu tidak perlu repot membeli tiket berkali-kali. Manfaatkan saja waktu untuk bisa beristirahat atau mempersiapkan barang bawaan, agar tidak sampai ada yang tertinggal.

Beli Tiket Melalui e-kiosk yang Ada di Stasiun

PT. KAI memberikan kemudahan transaksi dengan menyediakan e-kiosk yang tersedia di stasiun. Arus mudik diperkirakan mengalami kenaikan terus, dan puncaknya pada 2 Juli 2016 atau H-4. Sementara arus balik kemungkinan terjadi pada 10 Juli 2016 atau H+3.

0[ Image Source ]

PT KAI akan menjual tiket tambahan mudik lebaran mulai tanggal 30 April 2016. Selain itu, PT. KAI juga akan menjual tiket promo lebaran sebanyak 12.088 seat. Promo ini berlaku untuk keberangkatan 26 Juni sampai 17 Juli 2016.

Momen mudik lebaran barangkali sudah kamu tunggu. Agar tidak tidak gagal mudik, persiapkan segalanya jauh-jauh hari ya. Semoga lima tips di atas membantu rencana perjalananmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *