Tips Hemat Saat Tinggal Di Kota Besar Indonesia

Banyak orang enggan hidup di kota besar dikarena biaya hidupnya mahal. Hidup di kota kecil saja serba mahal, apalagi kota besar? Eits, tunggu dulu. Tidak semua orang kota itu biaya hidupnya mahal, kok.

Masih banyak orang yang sebagian besar pemasukannya masuk dalam tabungan. Itu tergantung kejelian Anda mengatur keuangan. Untuk membantu Anda mengatur pengeluaran hidup di kota besar, berikut adalah 5 tipsnya.

 

Makan Di Rumah

Salah satu cara berhemat di kota besar tentu saja dengan memilih makan di rumah. Bukan rahasia jika kota besar memang terdapat restoran yang menggoda iman. Tapi ketahuilah, harga makanan di restoran pasti membuat pengeluaranmu membengkak.

shutterstock_173471192

[ Image Source ]

Apalagi jika Anda sampai salah masuk restoran, bisa-bisa dengan menu yang biasa, Anda harus membayar dengan harga yang gila. Tak ada salahnya jika istiqomah memilih makan di rumah, kan? Masakan rumah yang disantap bersama keluarga pasti lebih nikmat

 

Berjalan Kaki Atau Menggunakan Sepeda

Jika ingin keluar ke tempat yang tidak terlalu jauh, alangkah baiknya jika Anda berjalan kaki atau menggunakan sepeda. Anggap saja itu sebagai ganti olahraga yang jarang Anda lakukan. Dengan begitu, biaya bahan bakar sangat mungkin bisa ditekan.

jodenbreestraat2014

[ Image Source ]

Kebiasaan ini juga bisa disebut upaya kita mencintai lingkungan. Kota besar yang sudah penuh dengan asap knalpot, tidak perlu kita tambahi lagi. Bagusnya lagi, jika kebiasaan Anda menjadi inspirasi bagi tetangga.

 

Menghemat Listrik

Saat malam menjelang tidur, matikan televisi, lampu dan perangkat komputer. Jangan sampai membiarkan benda-benda yang menggunakan listrik itu menyala semalaman. Aktifitas kecil itu juga menekan pengeluaran bulanan Anda.

hemat-energi-ilustrasi-_120527190713-449

[ Image Source ]

Selain berhemat, menggunakan listrik juga berarti kita menyelamatkan  bumi dari kegelapan. Sebab, hingga saat ini di Indonesia masih menggunakan fosil sebagai pembangkit listrik. Dan hasil pembakarannya adalah penyebab utama pemanasan global.

 

Jeli Dalam Belanja

Yang satu ini butuh keahlian khusus. Namun naluri ibu biasanya dapat diandalkan. Untuk urusan belanja, berikan peran pada istri. Wanita seringkali dianugrahi kelihaian dalam menawar.

4425835-woman-at-the-fruit-market-with-shopping-basket

[ Image Source ]

Selain itu, hidung wanita juga bisa mencium di mana ada barang obral. Memebeli barang obral tidak berarti kualitas buruk. Banyak sekali barang obral yang tak kalah dengan barang di mal.

 

Menekan Keinginan Jalan-jalan

Sesekali hang out boleh saja. Tapi jangan terlalu sering. Sebab, hang out adalah salah satu penyebab utama pemborosan.

shopping-hd-widescreen-high-definition-6379561

[ Image Source ]

Bayangkan, jika Anda jalan-jalan ke mal, mata pasti tidak lepas pengawasan dari berbagai barang yang dipajang di sana. Sebagai manusia biasa, naluri ingin membeli pasti ada. Dan bisakan Anda berdamai dengan dompet saat itu? Sepertinya tidak.

Nah, di atas adalah beberapa tips berhemat untuk tinggal di kota besar. Jadi mulai sekarang tidak ada yang perlu ditakutkan untuk tinggal di manapun yang Anda inginkan. Ingin pindah? Yuk, mariii…