Lakukan 5 Trik Ini Agar Lolos SBMPTN

SBMPTN adalah seleksi serentak untuk masuk universitas negeri. Berbeda dengan SNMPTN yang juga menggunakan nilai rapor dan prestasi sebagai kelulusannya, SBMPTN murni menggunakan ujian tertulis sebagai indikator lulus tidaknya peserta.

Untuk berhasil lolos SBMPTN tentulah tidak mudah. Tapi bukan berarti kamu perlu melakukan kecuragan. Yang perlu kamu lakukan adalah menerapkan lima trik ini.

Motivasi Diri dan Keyakinan

Rasa percaya diri adalah hal pertama yang dibutuhkan dalam proses ujian seleksi. Percaya diri di sini adalah yakin dengan kemampuanmu sendiri. Percayalah jika tanpa bantuan Joki, kamu tetap bisa mengerjakan soal dengan mulus.

0[ Image Source ]

Pikirkan apa tujuanmu ikut SBMPTN. Tujuan utama tersebut yang bermanfaat untuk membakar semangat dan menguatkan tekat agar lolos dalam seleksi. Dengan demikian, kamu akan lebih giat belajar sebagai persiapan mengikuti tes.

Download Soal-soal SBMPTN

Ini salah satu yang tak kalah penting adalah mendownload soal-soal SBMPTN tahun sebelumnya, atau membeli bukunya. Dengan mempelajari ini, setidaknya kamu tahu kisi-kisi soal yang kemungkinan keluar saar ujian.

0[ Image Source ]

Kamu juga bisa mengunjungi web khusus latihan SBMPTN, di sana banyak soal latihan ujian dan juga jawabannya. Lebih bagus lagi jika memiliki dana, kamu bisa mengikuti bimbingan belajar untuk menggodok kemampuanmu agar lebih matang saat ujian.

Jauhkan Diri Dari Segala Kecurangan

Kembali ke niat awal mengikuti SBMPTN adalah untuk diterima di universitas negeri. Tujuannya adalah belajar di kampus yang baik. Jika awalnya saja sudah diwarnai dengan kecurangan, mental kamu akan terlatih untuk melakukan kecurangan lainnya.

0[ Image Source ]

Bukan hal yang tidak mungkin jika kedepannya, kamu akan menjadi orang yang rela melakukan hal curang demi keberhasilan. Lagipula, jika tindak kecurangan dalam SBMPTN sampai diketahui petugas, bukannya lolos seleksi, yang ada kita berurusan dengan polisi.

Tetap Tenang

Tenang adalah salah satu yang tak kalah penting saat pelaksanaan ujian. Kamu tidak perlu panik atau takut dengan kemungkinan yang terjadi nanti. Jika kamu sudah belajar, yakinlah kamu akan berhasil. Andalkan kemampuanmu sendiri tanpa mencoba mencontek.

0

[ Image Source ]

Berkonsentrasilah dengan soalmu sendiri. Dahulukan soal yang menurutmu paling mudah, baru setelahnya soal lainnya. Jangan sok mengerjakan soal yang sulit dulu, karena soal sulit biasanya memakan waktu lebih lama, bisa jadi menghabiskan waktu ujianmu.

Berdoa

Yang penting selanjutnya adalah berdoa. Setelah usaha maksimal yang dilakukan sebagai bentuk keseriusan lolos SBMPTN, yang harus kamu lakukan adalah banyak berdoa. Segala usaha maksimalmu akan sia-sia jika yang Maha Kuasa tidak memberi kehendak atas usahamu. Maka dari itu, bujuklah Tuhan agar mengabulkan harapmu.

0[ Image Source ]

Namun, tetaplah pasrah atas segala kehendak yang Tuhan.  Yakinlah apapun yang terjadi adalah yang terbaik bagimu. Selain berdoa sendiri, mintalah doa pada orang tuamu, sebab doa orang tua adalah yang paling mustajab.

Kelas XII barangkali adalah yang paling berat di atara kelas yang lainnya. Sebab, di posisi tersebut para siswa dihadapkan pada dua ujian yang sangat berat, yaitu UN dan SBMPTN. Namun, sungguh SBMPTN bukanlah hal yang berat jika kamu melakukan lima trik di atas.

 

 

One Comment

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *