Motor Vespa Raksasa Ada di Indonesia, Temukan di Kabupaten Kendal!

monumen vespa

Indonesia boleh saja dijuluki sebagai negeri konsumen di bidang otomotif tapi untuk urusan menciptakan rekor dan sensasi negeri ini paling jago. Salah satu yang membuat heboh adalah keberadaan motor vespa raksasa yang bisa jadi terbesar di dunia. Vespa ini bisa traveler jumpai saat berkunjung ke Curug Sewu di Kabupaten Kendal.

Vespa monster ada di negeri kita, letaknya di kawasan obyek wisata Curug Sewu di desa Curugsewu, kecamatan Patean, kabupaten Kendal, provinsi Jawa Tengah. Curug Sewu sendiri adalah air terjun tertinggi di provinsi ini dengan ukuran sekitar 80 meter dan memiliki julukan Niagara Mini bersama Air Terjun Moramo di Sulawesi Tenggara dan Curug Malela di Jawa Barat.

monumen vespa
monumen vespa [via]
Tapi kali ini tidak akan membahas mengenai air terjunnya melainkan sebuah “patung selamat datang” di depan pintu masuk menuju Curug Sewu yang berwujud vespa dengan ukuran monster. Ukuran vespa ini 7,20 panjang, 2 meter lebar dan tinggi 3,5 meter serta bobot mencapai 1 ton lebih. Bisa jadi vespa ini menjadi yang terbesar di dunia. Pengakuan atas rekor vespa raksasa di Kendal ini tercatat dalam buku rekor MURI.

Lebih menarik jika menilik pembuatannya yang hanya digarap oleh warga Kendal bernama Sentot Agus Supriyadi yang dibantu 8 orang lainnya dalam waktu 21 hari non stop. Karya yang luar biasa ini menghabiskan 17 lembar plat baja ukuran 1,2 meter, dempul 66 Kg, cat 10 Kg, minyak cat 50 liter serta dua buah ban truk ukuran besar untuk ban vespa.

vespa raksasa
vespa raksasa [via]
Ide dibalik pembuatan vespa raksasa ini adalah Y Joko Tirtono SH sedangkan pemrakarsa perakitannya tidak lain adalah bupati Kendal sendiri yang saat itu menjabat yaitu H.Hendy Boedoro SH, M.Si. Barulah setelah semua selesai, saat peresmian diundang perwakilan dari Museum Rekor Indonesia untuk mencatat rekor ini. Ribuan penggemar vespa dari pelosok Pulau Jawa turut hadir pada upacara peresmiannya lho.

Kini keberadaan vespa raksasa menjadi salah satu daya tarik pengunjung sebagai tempat foto atau kadang dinaiki puluhan orang yang melihat tontonan yang sedang berlangsung di panggung hiburan. Hanya satu yang disayangkan, replika vespa raksasa ini juga menjadi sasaran vandalisme. Kini banyak sekali coretan-coretan di body vespa yang mengurangi keindahannya.