Makam Dari Zaman Dinasti Han Ditemukan di Pinggiran Kota Beijing, Isinya Mencengangkan!

Dinasti Han adalah sebuah dinasti yang pernah menguasai China dan menjadi salah satu yang paling berjaya di masanya. Belum lama ini sebuah makam kuno di pinggiran Beijing pada sebuah area pembangunan perumahan telah ditemukan pemakaman yang diduga kuat berasal dari zaman Dinasti Han.

Awalnya banyak yang berekspektasi tinggi dengan penemuan ini pasalnya Dinasti Han dikenal sebagai zaman penuh kemajuan dimana saat itu telah berkembang ilmu pengetahuan, hingga karya seni yang indah. Tapi apa yang didapat tidak sesuai dengan harapan, isi makam ini kosong tidak ada harta karun sebiji pun. Banyak yang menduga jika sebelumnya makam ini telah dijarah. Inilah beberapa hal yang perlu diketahui mengenai penemuan makan dari Dinasti Han di Beijing.

Zaman Keemasan Dinasti Han di China

Dinasti Han berkuasa di China mulai dari 206 Sebelum Masehi hingga 220 Masehi. Artinya dinasti ini menjadi salah satu yang berkuasa paling lama di Negeri Tirai Bambu. Pada tahun yang sama, hanya kekaisaran Romawi di belahan bumi barat yang bisa mengimbangi kekuasaan Dinasti Han di China.

hh2
Zaman Keemasan Dinasti Han di China [ Image Source ]

Dalam beberapa dokumen kuno, China pada masa Dinasti Han mengalami kemajuan di berbagai bidang, mulai dari ilmu pengetahuan, teknologi, karya seni hingga masalah politik. Sebagai contoh pada zaman itu telah ada gerobak untuk mengangkut barang, terdapat pula alat tumbuk sederhana yang menggunakan tenaga air, bahkan seorang kasim yang disebut Cai Lun disebut-sebut sebagai penemu kerta pertama. Ia membuat kertas pada tahun 105 Masehi dengan bahan dasar jerami padi dan kulit pohon yang dipress hingga tipis.

Penemuan Awal Makam Dari Zaman Dinasi Han di Beijing

Pemerintah China sedang berusaha mengurai kepadatan yang selama ini berpusat di Beijing. Salah satu caranya adalah dengan membuat pusat administrasi kedua yang rencananya dibangun di pinggiran Kota Beijing atau lebih tepatnya di perbatasan Kota Tongzhou. Pembangunan tersebut tengah berlangsung saat ini dan diharapkan pada prosesnya nanti akan ada sekitar 400 ribu warga di pusat Kota Beijing mau pindah ke kawasan yang baru tersebut.

Göbekli_tepe
Penemuan Awal Makam Dari Zaman Dinasi Han di Beijing [ Image Source ]

Pada proses pembangunan, di tengah area proyek lantas ditemukan makam kuno yang diyakini milik Dinasti Han, sebuah dinasti yang pernah mengalami masa keemasan dalam sejarah China. Makam tersebut ditemukan saat dilakukan proses penggalian untuk keperluan pembangunan. Setelah diteliti makam tersebut telah berumur sekitar 2.200 tahun dan sesuai dengan masa kejayaan Dinasti Han yang berlangsung antara 206 Sebelum Masehi hingga 220 Masehi.

Makam Yang Ditemukan Isinya Kosong!

Penemuan yang awalnya memberikan harapan tinggi tersebut akhirnya sedikit mengecewakan sebab tidak ada barang berharga satu pun yang ditemukan di dalam pemakaman kuno tersebut. Seperti diketahui bahwa setiap keluarga kerjaan Dinasti Han yang meninggal akan dikubur bersamaan dengan benda-benda berharga yang diyakini sebagai ketentuan untuk bekal kehidupan di akhirat.

p1010283
Makam Yang Ditemukan Isinya Kosong! [ Image Source ]

Benda-benda seperti perhiasan, furnitur, senjata bahkan terkadang ada juga koki atau pelayan yang dikorbankan untuk melayani tuan mereka turut dikubur pula. Bahkan untuk ukuran seorang raja, ia akan dikubur bersamaan dengan peti mati yang berhias batu mulia dan diberi pakaian yang penuh dengan batu giok. Hal tersebut diyakini akan melindungi tubuh dari pembusukan dan gangguan setan. Tapi makam yang ditemukan di lokasi proyek di pinggiran Beijing tersebut cukup mengecewakan sebab tidak satupun harta yang ditemukan di dalam makam.

Teori Konspirasi Mulai Bermunculan

Penemuan makam berumur 2.200 tahun atau sesuai dengan masa kejayaan Dinasti Han yang kosong tersebut sontak menimbulkan berbagai teori konspirasi. Banyak arkeolog yang kemudian menduga jika makam tersebut telah dijarah jauh hari sebelumnya. Dengan adanya kecurigaan tersebut proses penggalian di area lain pun diperkuat keamanannya. Sebab dalam satu area tersebut tidak hanya ditemukan satu makam namun ada beberapa makam lain yang juga diduga berasal dari saman Dinasti Han.

1280px-Mogao_Cave_61,_painting_of_Mount_Wutai_monasteries
Teori Konspirasi Mulai Bermunculan [ Image Source ]

Dugaan Lain Makam Tersebut Bukan Milik Keluarga Kerajaan Dinasti Han

Seperti gambar yang ditunjukkan di bawah ini. Seharusnya jika makam tersebut milik keluarga kerajaan Dinasti Han maka akan banyak harta berharga yang ditemukan. Mayat Raja-Raja Chu saja dibungkus dengan semacam baju zirah berlapis batu giok yang kemudian di masukkan dalam peti yang juga dihiasi batu mulia.

watu-umpak-batu001
Dugaan Lain Makam Tersebut Bukan Milik Keluarga Kerajaan Dinasti Han [ Image Soure ]

Selain itu makam kaluarga dari Dinasti Han juga memiliki ciri-ciri satu makam besar yang dipotong-potong secara horisontal untuk tempat beberapa anggota keluarga lainnya. Umumnya makam tersebut terdiri dari dua tingakt yang berisi pasukan kecil terakota. Ciri lainnya makam DInasti Han juga khas dengan atap kubah dan bagian bawah makam yang penuh dengan lorong-lorong.

Yang paling kentara adalah lokasi penemuannya yang berada jauh di luar komplek kerajaan. Umumnya makam keluarga kerajaan Dinasti Han ditemukan di dekat kota Chang’an atau sekarang bernama Xi’an. Hingga kini makam yang ditemukan tidak mengindikasi adanya ciri-ciri tersebut sehingga ada yang menduga jika makam tersebut bukan milik anggota keluarga kerajaan dari Dinasti Han. Namun penelitian lebih lanjut masih terus dilakukan untuk mengungkap makam kuno yang ditemukan itu.